Kemenag Kulonprogo Melarang Pelaksanaan Ibadah Salat Idul Adha du Lapangan, Diminta Laksanakan di Masjid Atau Musala

Kemenag Kulonprogo Melarang Pelaksanaan Ibadah Salat Idul Adha du Lapangan, Diminta Laksanakan di Masjid Atau Musala
(Kuntadi/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 1 Juli 2020 13:52 WIB

Terasjabar.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kulonprogo melarang pelaksanaan ibadah salat Idul Adha di lapangan. Masyarakat diminta melaksanakan di masjid atau musala untuk mencegah kerumunan guna mengantisipasi penularan Covid-19.

Kepala Kemenag Kulonprogo, Ahmad Fauzi mengatakan, pihaknya telah menandatangani maklumat bersama Pemkab Kulonprogo, Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kulonprogo dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kulonprogo tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 saat perayaan Idul Adha.

“Maklumat ini untuk antisipasi pencegahan Covid-19, salah satunya mengimbau agar salat Idul Adha dilaksanakan di masjid, musala atau langgar,” kata Ahmad, Rabu (1/7/2020).

Saat pelaksanakan Salat Idul Adha, panitia harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Seperti menjaga jarak, memeriksa suhu tubuh dan membersihkan lokasi sebelum dan setelah dilaksanakan. Jika ada jemaah yang suhunya tinggi, diminta untuk pulang dan tidak melaksanakan ibadah.

“Rangkaian pelaksanaan salat juga harus dipersingkat dengan melaksanakan protokol kesehatan,” katanya.

Selain itu, dalam maklumat ini juga berisi anjuran untuk tidak menggelar takbir keliling. Kegiatan takbiran boleh dilakukan di masjid, musala, langgar, dan rumah dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo berharap maklumat ini bisa ditaati masyarakat Kulonprogo yang merayakan Idul Adha. Sutedjo mengimbau masyarakat bisa melakukan pemotongan di rumah potong hewan (RPH).

“Untuk masjid yang dekat disarankan ke RPH, namun yang jauh bisa menjaga jarak dan menaati protokol yang ada,” katanya.

Disadur dari iNews.id

kemenag Kulonprogo Salat Idul Adha Masjid Pandemi Virus Corona


Loading...