Advertisement

Pandemi Virus Corona, Candi Prambanan Dibuka 1 Juli, Pengunjung Akan Dibatasi

Pandemi Virus Corona, Candi Prambanan Dibuka 1 Juli, Pengunjung Akan Dibatasi
Ilustrasi (Tirto ID : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 30 Juni 2020 13:23 WIB

Terasjabar.id – PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko akan melakukan uji coba pembukaan Candi Prambanan dan Ratu Boko bagi wisatawan pada 1 Juli mendatang, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kapasitas pengunjung dan jam operasional akan dibatasi.

Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengatakan, pembukaan operasional dilakukan setelah keluar izin dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemda DIY. Sebelumnya telah dilaksanakan tiga kali simulasi dengan melibatkan para pihak terkait.

“Kita dinilai berhasil melaksanakan protokol kesehatan secara ketat kepada wisatawan yang berkunjung,” kata Edy, Senin (29/6/2020).

PT TWC akan menerapkan pengaturan dan pembatasan jumlah pengunjung, sesuai dengan anjuran pemerintah. Untuk menerapkan terkait social/physical distancing, pengunjung disarankan membeli tiket secara online.

Jam operasional TWC Prambanan dimulai pukul 08.00–16.00 WIB, sedangkan Ratu Boko pukul 10.00– 18.00 WIB. Pengelola juga akan menerapkan jeda istirahat selama 1 jam untuk membersihkan semua peralatan protokol kesehatan yang telah digunakan oleh wisatawan.

“Selama masa uji coba pengunjung hanya 20 sampai 25 persen atau maksimal 1.500 orang per hari,” katanya.

TWC akan bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY. Pada zona I Candi, akan dilakukan pembatasan jumlah pengunjung dan wisatawan tidak diperkenankan untuk naik ke atas Candi Prambanan. Mereka cukup menikmati keindahan candi dari pelataran zona I.

“Harapan kita uji coba ini bisa memberikan dampak positif pada lingkungan dan bangkitnya industri pariwisata di Yogyakarta dan Jawa tengah,” ujar Edi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo mengaku telah memberikan izin untuk uji coba pembukaan operasional di kawasan TWC.

“PT TWC telah melaksanakan dan mempersiapkan penerapan standar new normal dengan sangat baik,” kata Singgih.

Meski begitu, dalam masa uji coba juga akan dilakukan evaluasi. Pembatasan pengunjung harus dilakukan dan menjadi bagian dari tahapan dari sebuah pembukaan destinasi wisata.

Disadur dari iNews.id

PT TWC Borobudur Prambanan Ratu Boko Pandemi Virus Corona


Related Post



Loading...