PPDB DKI Tuai Polemik Karena Memprioritaskan Anak Berusia Lebih Tua, Komisi X DPR Minta Kemendikbud Turun Tangan

PPDB DKI Tuai Polemik Karena Memprioritaskan Anak Berusia Lebih Tua, Komisi X DPR  Minta Kemendikbud Turun Tangan
(Liputan6.com/Faizal Fanani : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 30 Juni 2020 09:28 WIB

Terasjabar.id - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) memiliki masalahnya tersendiri dari tahun ke tahun. Pada tahun ini, masalah yang paling banyak dilaporkan datang dari DKI Jakarta yang memprioritaskan anak berusia lebih tua dalam penerimaan peserta didik di sekolah negeri.

Hal ini pun menuai protes dan kecaman dari berbagai pihak. Beberapa demonstrasi telah dilakukan orang tua murid merasa sistem ini tidak adil.

Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian meminta pihak Kemendikbud untuk turun tangan mengatasi kekisruhan ini.

“Memang penyelenggaraan ini dilakukan oleh daerah. Namun demikian, Kemendikbud juga harus tetap mengawasi apakah ada yang melanggar prinsip keadilan,” kata Hetifah, Selasa (30/6).

Dia menegaskan, syarat usia seharusnya tidak masuk ke dalam kriteria pembobotan.

“Tahun-tahun lalu yang menjadi masalah adalah siswa yang lebih tua sulit untuk mendaftar sekolah, sekarang sebaliknya. Seharusnya diskriminasi usia baik kepada yang lebih muda maupun yang lebih tua tidak ada. Saya belum dapat memahami apa urgensinya memasukkan syarat usia ke dalam seleksi PPDB ini," jelas Hetifah.

Meski demikian, dia juga menyadari keterbatasan kapasitas sekolah negeri mengharuskan adanya mekanisme yang menyebabkan tidak semua yang mendaftar bisa mendapatkan tempat.

“Rencananya pukul 11.00 WIB, Komisi X akan menerima audiensi dari perwakilan orang tua murid. Kami harap dari diskusi tersebut kami dapat mendengarkan keluh kesah mereka, serta sama-sama mendiskusikan solusi terbaik dari keterbatasan yang ada.” pungkasnya.

Disadur dari Merdeka.com 

PPDB Pandemi Virus Corona DKI Jakarta Usia Wakil Ketua Komisi X DPR


Loading...