Seorang Penumpang Pesawat Garuda Rute Jakarta-Sorong Diketahui Positif Virus Corona, Awak Kabin Dikarantina Mandiri

Seorang Penumpang Pesawat Garuda Rute Jakarta-Sorong Diketahui Positif Virus Corona, Awak Kabin Dikarantina Mandiri
Ilustrasi (Merdeka.com/Arie Sunaryo : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 29 Juni 2020 11:35 WIB

Terasjabar.id - Seorang penumpang Pesawat Garuda GA 682 rute Jakarta-Sorong diketahui positif Covid-19. Untuk mencegah penularan, seluruh awak kabin pesawat dalam penerbangan tersebut dikarantina mandiri. Sedangkan armada pesawat disemprot disinfektan.

"Garuda Indonesia juga telah menjalankan prosedur protokol kesehatan terhadap armada serta awak kabin yang bertugas pada penerbangan tersebut, melalui prosedur disinfeksi armada dan karantina mandiri sesuai ketentuan," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (29/6).

Menurut Irfan, para penumpang dalam penerbangan tersebut diketahui telah memperoleh validasi dari otoritas terkait, dalam persyaratan protokol kesehatan.

"Kiranya kami sampaikan bahwa seluruh penumpang Garuda Indonesia, pada penerbangan tersebut telah memperoleh validasi dan clearance dari otoritas terkait perihal pemenuhan persyaratan protokol kesehatan bagi penumpang yang akan melakukan penerbangan," terangnya.

Garuda akan memperkuat sinergitas bersama seluruh pemangku kepentingan layanan kebandarudaraan untuk memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan optimal dengan senantiasa mengedepankan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang.

Irfan mengklaim, penerbangan GA 682 rute Jakarta-Sorong, dioperasikan dengan penerapan physical distancing, tingkat isian penumpang berkisar di angka 62 persen dari total kapasitas pesawat.

Lebih lanjut, peran serta masyarakat untuk menjalankan prosedur protokol kesehatan penerbangan dengan baik juga merupakan aspek penting dalam memastikan penanganan pandemi berjalan secara berkesinambungan.

Sebelumnya diberitakan, Manager Garuda Indonesia cabang Sorong, Ranto Situmeang menjelaskan perihal adanya satu penumpang yang positif corona saat dilakukan pengecekan di Bandara Domine Eduard Osok Sorong.

"Setahu saya, di bandara maskapai tidak melakukan pemeriksaan berkas-berkas protokol kesehatan. Itu kewenangan Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan di Bandara," kata Ranto Situmeang melalui yang dikonfirmasi lewat pesan WhatsApp, Minggu (28/6).

Menurut dia, maskapai hanya melakukan pemeriksaan tiket pesawat sedangkan yang melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan penumpang sesuai protokol Covid-19 adalah Karantina Kesehatan Pelabuhan.

Maskapai hanya melakukan pemeriksaan KTP, apakah sesuai tiket penumpang saat boarding. Surat rapid test dan surat pemeriksaan laboratorium tentang Covid-19 merupakan kewenangan Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan.

Koordinator Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan Bandara Domine Eduard Osok Sorong, dr Farida Tariq yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa ada penumpang berinisial WY, siswa program Adem asal Sorong Selatan diketahui positif Covid-19 saat dilakukan pemeriksaan dokumen kesehatan saat turun dari pesawat Garuda Indonesia GA 682 pada Sabtu (27/6) pukul 06.20 WIT.

Dia mengatakan bahwa setelah diketahui hasil tes usap positif, penumpang tersebut langsung dibawa ke ruang isolasi Bandara Domine Eduard Osok Sorong untuk ditangani lebih lanjut. Penumpang tersebut kemudian dijemput tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong untuk di Karantina.

Dia menjelaskan bahwa setiap penumpang yang naik dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta tetap dilakukan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan. Mungkin karena banyak penumpang dan petugas kesehatan Karantina Kesehatan Pelabuhan di sana terbatas sehingga petugas kewalahan melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan sehingga bisa lolos.

"Kami juga telah melakukan penyemprotan disinfektan terhadap pesawat sebelum menaikkan penumpang dari Bandara Domine Eduard Osok Sorong," kata dia. 

Sumber : antara

Disadur dari Merdeka.com

Pandemi Virus Corona Pesawat Garuda GA 682 Rute Jakarta-Sorong Karantina Mandiri


Loading...