PSBB Sudah Berakhir, Obyek Wisata di Sukabumi Belum Dibuka

PSBB Sudah Berakhir, Obyek Wisata di Sukabumi Belum Dibuka
Ilustrasi (Pikiran Rakyat : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 28 Juni 2020 08:08 WIB

Terasjabar.id - Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sudah mengakhiri Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap empat, Jumat (26/6/2020) kemarin.

Saat ini, Kabupaten Sukabumi tengah bersiap menuju fase baru, yaitu transisi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), atau lebih dikenal New Normal.

"Kabupaten Sukabumi akan memasuki fase transisi AKB, sampai dengan ditetapkannya status AKB oleh Menkes," ujar Staf Gugus Tugad Covid-19 Kabupaten Sukabumi, Eneng Yulia Handayani Irawan dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/6/2020).

Dengan memasuki fase baru transisi AKB, ternyata tidak membuat tempat wisata langsung dibuka.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani mengatakan, saat ini tempat wisata di Kabupaten Sukabumi masih belum dibuka.

Pihaknya masih menunggu kemungkinan yang terjadi saat memasuki masa transisi AKB.

"Belum, masih menunggu kemungkinannya," singkatnya.

Wisata New Normal Disiapkan

Untuk kembali menggenjot pariwisata di Kabupaten Sukabumi setelah ditutup gara-gara Covid-19, Dinas Pariwisata akan memberlakukan wisata New Normal

"Kita sudah menyiapkan protokol new normal, kita sedang menggodok itu, kita persiapkan, begitu dibuka kita siap," kata Usman di Dermaga Palabuhanratu, Senin (1/6/2020) lalu.

Ia menjelaskan, teknis dalam penerapan pariwisata new normal sendiri, di antaranya yang akan berwisata dan pengelola tempat wisata ataupun pelaku usaha di tempat wisata harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Di antaranya menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Teknisnya gini, tetap kita akan memberdayakan masyarakat pelaku usaha dengan kesadaran sendiri, masyarakat yang datang juga dengan kesadaraan sendiri artinya yang datang ke situ, contoh, yang tadinya restoran mejanya besar ngumpul, nanti hanya mejanya kecil, untuk berhadap-hadapan, dua kursi satu meja," terangnya.*

Disadur dari Tribunjabar.id (M Rizal Jalaludin)

Pandemi Virus Corona Kabupaten Sukabumi New Normal PSBB Obyek Wisata


Loading...