AS Duga Rusia Mata-matai Serangan Taliban

AS Duga Rusia Mata-matai Serangan Taliban
CNN Indonesia
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 27 Juni 2020 09:44 WIB

Terasjabar.id -- 

Intelijen Amerika Serikat telah menyimpulkan bahwa Rusia menawarkan hadiah kepada gerilyawan yang memiliki hubungan dengan Taliban untuk membunuh pasukan koalisi pimpinan AS di Afghanistan.

Dilansir dari AFP, kabar tersebut pertama kali diberitakan oleh The New York Times. Surat kabar itu mengutip para pejabat anonim dan mengatakan bahwa Trump telah diberitahu tentang temuan tersebut pada Maret.

Namun, belum memutuskan bagaimana harus merespons. Para militan diyakini telah mengumpulkan uang hadiah tersebut, tetapi tidak jelas apakah pembunuhan khusus pasukan AS dicurigai.

Surat kabar itu mengutip juru bicara Kremlin yang hanya mengatakan bahwa Rusia tidak mengetahui tuduhan itu. Rusia memiliki sejarah yang tidak baik di Afghanistan. Namun, Rusia baru-baru ini dituduh oleh Amerika Serikat secara diam-diam memberikan senjata kecil kepada Taliban.

The New York Times mengatakan ada teori yang berbeda tentang mengapa Rusia akan mendukung serangan Taliban, termasuk keinginan untuk menjaga Amerika Serikat 'macet 'dalam perang.

Koran tersebut mengungkap ada kemungkinan Rusia mungkin juga membalas dendam atas pembunuhan AS atas tentara bayaran Rusia di Suriah, di mana Moskow mendukung Presiden Bashar al-Assad.

Menurut surat kabar itu, operasi Taliban dipimpin oleh sebuah unit yang dikenal sebagai G.R.U., yang telah disalahkan dalam berbagai insiden internasional termasuk serangan senjata kimia 2018 di Inggris yang hampir membunuh agen ganda kelahiran Rusia Sergei Skripal.

Intelijen AS menyimpulkan bahwa Rusia melakukan intervensi dalam pemilihan presiden 2016 dalam upaya membantu Trump, termasuk melalui manipulasi media sosial.

Trump mencemooh temuan dan mencari hubungan yang lebih hangat dengan Presiden Vladimir Putin, bahkan ketika pemerintahannya terus menjatuhkan sanksi atas Rusia atas tindakannya terhadap Ukraina.

(AFP/age/CNN)

Amerika Serikat taliban Pimpinan AS Afganistan


Loading...