Cara dan Waktu Terbaik Melihat Hujan Meteor Bootid Hari Ini

Cara dan Waktu Terbaik Melihat Hujan Meteor Bootid Hari Ini
CNN Indonesia
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 27 Juni 2020 08:26 WIB

Terasjabar.id -- 

Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB) mengabarkan puncak hujan meteor Bootid akan berlangsung pada Sabtu (27/6). Bosscha menyebut fenomena astronomi hujan meteor itu bisa disaksikan sejak senja di langit Indonesia.

"Puncak hujan meteor Bootid 27 Juni, tampak sejak senja di utara-timur laut hingga terbenam pada 01:59 waktu lokal," kutip Observatorium Bosscha di Instagram.

Observatorium Bosscha mengabarkan meteor Bootid terletak dekat konstelasi Bootes, bintang Nekkar. Dalam informasinya, Observatorium Bosscha menyebut jumlah meteor yang akan dilihat dalam satu jam aktivitas puncak bervariasi.

Lebih lanjut, Observatorium Bosscha menyampaikan puncak hujan meteor Bottid dapat disaksikan dengan mata telanjang. Akan tetapi, hal itu bisa dilakukan jika kondisi langit tidak dipenuhi cahaya.

"(Puncak hujan meteor Bootid) dapat dilihat tanpa alat bantu dalam kondisi langit gelap," kutip Observatorium Bosscha.

Melansir In The Sky, meteor Bootid Juni akan aktif dari 22 Juni hingga 2 Juli dengan puncak terjadi pada 27 Juni. Selama periode itu, akan ada kemungkinan melihat meteor Bootid setiap kali titik pancaran shower di rasi Bootes berada di atas cakrawala dengan jumlah meteor yang terlihat meningkat semakin tinggi titik radiasi di langit.

Dilihat dari Jakarta, hujan meteor akan aktif setiap hari sejak senja hingga sekitar pukul 02:04 ketika titik bercahaya di bawah ufuk barat. Hujan meteor itu kemungkinan menghasilkan tampilan terbaiknya sekitar pukul 20:00 WIB, ketika titik pancarannya paling tinggi di langit.

Pada saat ini, rotasi bumi membuat Jakarta menghadap ke arah optimal menuju arah meteor yang masuk, memaksimalkan jumlah hujan turun secara vertikal, menghasilkan jalur pendek dekat dengan titik radiasi.

Melansir America Meteor Society, radiasi paling baik ditempatkan di langit malam saat langit menjadi gelap. Pengamatan di belahan bumi utara dinilai memiliki keunggulan berbeda dibandingkan yang berada di selatan khatulistiwa karena pancarannya jauh lebih tinggi saat langit malam.

Dengan kecepatan rata-rata 14 km per detik, hujan meteor Bootid akan memiliki kecepatan sangat lambat.

(jps/DAL/CNN)

ITB Meteor Bootid Bosscha


Loading...