Konflik Antara India dan China Memicu Aksi Boikot, Xiaomi Pasang Spanduk 'Made in India' di Depan Gerai

Konflik Antara India dan China Memicu Aksi Boikot, Xiaomi Pasang Spanduk 'Made in India' di Depan Gerai
Ilustrasi (iNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 26 Juni 2020 14:27 WIB

Terasjabar.id - Konflik antara India dan China memicu aksi boikot produk-produk asal China oleh warga India. Produsen asal China, Xiaomi menjadi salah satu yang 'dibidik'.

Dilansir India Today, Jumat (26/6/2020), gerai resmi Xiaomi di Kolkata membentangkan spanduk bertuliskan 'Made In India' dengan corak khas Xiaomi. Kehadiran spanduk itu diduga untuk 'meluruskan' persepsi Xiaomi sebagai produk China.

Fenomena hampir serupa terjadi di Mumbai. Salah satu toko ponsel di kota itu menutup spanduk bertuliskan Xiaomi dengan terpal hitam untuk meredam sentimen anti-China di India.

Managing Director Xiaomi India, Manu Kumar Jain sebelumnya mengatakan, sebagian besar produksi Xiaomi di India dilakukan di dalam negeri, baik ponsel maupun TV. Dia juga yakin sentimen itu tak berpengaruh bisnis Xiaomi di India.

"Sampai saat ini, kami tidak melihat dampak yang terlalu besar pada bisnis kami dari sisi penjualan atau permintaan," kata Jain kepada CNBC.

Xiaomi sangat populer di India. Pangsa pasar ponsel di negara tersebut mencapai 31,2 persen. Ponsel keluaran terbarunya, Redmi Note 9 Pro Max ludes kurang dari 50 detik saat flash sale ketiga.

Disadur dari iNews.id

Xiaomi Boikot China India


Loading...