DPC PDIP Demo Polres Depok, Minta Pembakar Bendera Banteng Diusut

DPC PDIP Demo Polres Depok, Minta Pembakar Bendera Banteng Diusut
Detik News
Editor: Malda Hot News —Jumat, 26 Juni 2020 13:57 WIB

Terasjabar.id - 

Massa DPC PDI Perjuangan Kota Depok melakukan unjuk rasa di depan kantor Polres Depok, Jalan Margonda Raya. Massa meminta polisi mengusut tuntas pelaku pembakaran bendera PDIP pada aksi penolakan RUU Haluan Ideologi (HiP) di depan DPR, Rabu (24/6).

"Yang pertama nuntut, intinya kita tidak ada bicara tentang PKI, kami ini bukan HTI. Kami ini PDI Perjuangan dan kami ini partai ideologi Pancasila yang benar-benar ideologi Pancasila, jadi kami nuntut terkait panji pembakaran partai atau organisasi kita dan tuduhan mereka terkait kami adalah PKI," kata Wakil ketua bidang Kebudayaan Pemuda dan Olahraga DPC PDIP kota depok, Eric Yansen Sihotang kepada wartawan, di Depok, Jumat (26/6/2020).

Peserta aksi sekitar 150 orang sebelumnya melakukan aksi long march dari rumah Ketua DPC PDIP Depok ke Polresta Depok. Massa berkaus merah dan membawa bendera PDI Perjuangan.

"Ya pihak berwajib serius mengusut tuntas kasus ini dan segera pelaku ditangkep," lanjut Eric.

Polisi diminta untuk mengusut tuntas pembakaran bendera partainya itu.

"Kita ingin meminta Polres dan penyidik atau pihak kepolisian untuk lebih konsentrasi lah, karena kami berfikir bukan lagi bicara ideologi apapun, kami bicara masalah harga diri partai dan panji-panji organisasi kita," tuturnya.


Eric menambahkan, aksi unjuk rasa ini diterima oleh perwakilan Polresta Depok. Ia juga mengklaim, polisi menerima laporan massa.

"Kebetulan dengan Kasat Reskrim langsung disambut dengan baik, pihak penyelidik dan kami buat laporan dan tidak ada sama sekali pertanyaan apapun tapi malah mendukung untuk membuat laporan itu," ucapnya.

Sementara itu mengenai aksi di tengah pandemi Corona, Eric mengatakan bahwa pihaknya melakukan aksi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Sebenarnya kami juga berpikir ke sana ya, cuma memang kami melakukan itu menggunakan masker semua, kita berkumpul-kumpul cuma tetap sosial distancing, kita melaporkan berjaga jarak tanpa dempet-dempetan," katanya.

Sebelumnya, aksi pembakaran bendera PDIP ini terjadi pada saat massa Alumi PA 212 melakukan unjuk rasa penolakan RUU HIP di depan DPR pada Rabu (24/6) lalu. Massa juga menyandingkan PDIP dengan PKI.

Buntut aksi pembakaran bendera PDIP itu, para kader PDIP melakukan aksi unjuk rasa di kantor polisi. Massa menuntut polisi untuk mengusut kejadian tersebut.(Detik)

Polisi PDIP Polisi Polres Depok


Loading...