Pemkot Tangerang Selatan Menargetkan Revitalisasi Pasar Ciputat Pada Tahun ini, Pedagang yang Terdampak Akan Direlokasi

Pemkot Tangerang Selatan Menargetkan Revitalisasi Pasar Ciputat Pada Tahun ini, Pedagang yang Terdampak Akan Direlokasi
Ilustrasi (Bisnis.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 26 Juni 2020 09:34 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kota Tangerang Selatan menargetkan revitalisasi Pasar Ciputat pada tahun ini. Nantinya pedagang yang terdampak akan direlokasi tidak jauh dari tempat mereka berjualan saat ini.

Kepala Disperindag Kota Tangsel, Maya Mardiana mengatakan, Pasar Ciputat merupakan salah satu pasar rakyat terbesar di Kota Tangerang Selatan sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Karena itu, revitalisasi ini dilakukan nantinya akan disesuaikan oleh Konsep Pasar Rakyat yang modern dan sesuai dengan SNI Pasar," katanya, Jumat (26/6).

Untuk desainnya, akan dibuat mudah dalam menunjang kegiatan ekonomi dan jual beli barang kebutuhan setiap hari. Sehingga nanti pasar tersebut akan dibuat untuk memudahkan pengangkutan barang ke lantai atas.

Selain itu, Maya menyampaikan, akan ada perbaikan fasilitas umumnya misalnya saluran air, saluran pembuangan dan instalasi listrik, sarana penunjang musala dan ruang laktasi serta sarana prasarana lainnya yang memadai.

Pasar dengan Luas bangunan 5670 meter persegi ini nantinya akan terdiri dari dua gedung memiliki sekitar 650 pedagang dengan berbagai komoditi.

Sementara saat ini kondisi pasar lantai dasar dan lantai satu saja yang dipenuhi pedagang sementara lantai dua dan tiga tidak terisi.

"Alasannya karena kondisi yang memerlukan perbaikan berat, sehingga untuk lancarnya proses revitalisasi tersebut diperlukan pengosongan pasar agar kualitas bangunan, efektivitas dan efisiensi waktu pengerjaan bisa lebih optimal," jelas Maya seperti dilansir dari Antara.

Proses relokasi dimulai dengan sosialisasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan tentang rencana revitalisasi dan tahapan relokasi pedagang serta rencana pengelolaan setelah revitalisasi selesai.

Dia menambahkan, untuk relokasi sementara sesuai usulan dan harapan pedagang untuk di tempat yang tidak jauh dari lokasi awal. Dengan mementingkan unsur kenyamanan dan tetap mudah diakses konsumen atau pelanggan.

Tahapan setelah sosialisasi kemudian adalah pendaftaran ulang sesuai dengan data yang tercatat dan dilanjutkan dengan penempatan sesuai klasifikasi komoditi baik di los maupun kios.

Maya mengatakan, proses relokasi direncanakan dapat diselesaikan sebelum revitalisasi dimulai. Rencananya revitalisasi akan dimulai pada bulan Agustus atau September 2020.

"Setelah selesai revitalisasi tentunya pedagang akan kembali ke gedung pasar tersebut dengan penataan ulang sesuai ketentuan yang berlaku sesuai standar yang ditetapkan, seperti penempatan berdasarkan komoditi dan lainnya," tutupnya.

Dusadur Merdeka.com 

Pemkot Tangerang Selatan Revitalisasi Pasar Ciputat


Loading...