Direktur Jenderal WHO Kembali Mengingatkan Wabah Virus Corona Secara Global Semakin Memburuk, Sebut Vaksin Virus Corona Mungkin Tersedia dalam 1 Tahun

Direktur Jenderal WHO Kembali Mengingatkan Wabah Virus Corona Secara Global Semakin Memburuk, Sebut Vaksin Virus Corona Mungkin Tersedia dalam 1 Tahun
(detikHealth : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 26 Juni 2020 09:29 WIB

Terasjabar.id - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus kembali mengingatkan wabah virus corona secara global semakin memburuk.

Jumlah korban terinfeksi secara global diperkirakan menembus 10 juta orang pada pekan depan, dengan kasus kematian 500.000.

Hal yang semakin mengkhawatirkan, kata Tedros, belum ada kepastian mengenai kesiapan vaksin virus corona. Dia tak yakin vaksin akan tersedia dalam setahun.

“Sangat sulit untuk memastikan bahwa kita akan mendapatkan vaksin. Kita tidak pernah punya vaksin untuk virus corona. Jadi ketika ini ditemukan, kita berharap akan ditemukan, akan menjadi yang pertama,” kata Tedros, saat konferensi video dengan perwakilan komisi kesehatan Parlemen Eropa, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (26/6/2020).

Dia melanjutkan, setelah ditemukan, vaksin Covid-19 harus menjadi barang yang bisa diakses semua kalangan.

Saat ini WHO memiliki lebih dari 100 kandidat vaksin virus corona, satu di antaranya sampai pada fase pengembangan lanjutan.

"Berharap bahwa akan ada vaksin, perkiraannya mungkin kita mendapatkan vaksin dalam 1 tahun. Jika dipercepat, bisa jadi kurang dari itu, dalam beberapa bulan. Itulah yang dikatakan para ilmuwan," katanya.

Lebih lanjut dia mengingatkan setelah pandemi berakhir, masyarakat dunia seharusnya tidak kembali ke kondisi sebelum wabah terjadi. Dia mengajak masyarakat internasional membangun kehidupan normal baru yang lebih adil, lebih hijau, dan membantu mencegah perubahan iklim.

Disadur dari iNews.id

WHO Pandemi Virus Corona Tedros Adhanom Ghebreyesus


Loading...