Jamur Enoki Menyebabkan Wabah Listeria di Indonesia, Benarkah ?? ini yang Dikatakan Kementan

Jamur Enoki Menyebabkan Wabah Listeria  di Indonesia, Benarkah ?? ini yang Dikatakan Kementan
Ilustrasi (Haibunda.com : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Kamis, 25 Juni 2020 13:26 WIB

Terasjabar.id - Kabar tentang jamur enoki yang menyebabkan wabah listeri di Amerika Serikat membuat banyak masyarakat khawatir. Buntut dari hal tersebut sebanyak  8 ton atau tepatnya 8.165 kilogram jamur enoki telah dimusnahkan di Indonesia. 

Tentunya, hal ini mengundang pertanyaan, apakah benar jamur tersebut menimbulkan wabah listeria di Tanah Air?

Menjawab hal tersebut,  Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng memastikan hingga saat ini belum ada kasus Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah listeria di Indonesia akibat konsumsi jamur enoki.

Jamur Enoki. (Shutterstock)
Jamur Enoki. (Shutterstock)

"Sampai dengan hari ini di Indonesia belum ditemukan adanya kasus KLB karena kontaminasi bakteri dari jamur enoki tersebut," ujar Agung Hendriadi melalui keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Kamis (25/6/2020).

Jamur enoki. (Shutterstock)
Pemusnahan jamur enoki pada 22 Mei 2020 dan 19 Juni 2020 di PT. Siklus Mutiara Nusantara, Bekasi, ini dilakukan sebagai langkah pencegahan dari Kementan karena dikhawatirkan terjadinya wabah.

Tidak hanya pemusnahan, kata Agung pada 18 Mei 2020 Kementan juga sudah memerintahkan kepada para importir dalam hal ini PT. Green Box Fresh Vegetables untuk menarik dan memusnahkan produk jamur enoki yang berasal dari Green Co Ltd, Korea Selatan.

Meski demikian, produk ini sudah teregistrasi atau terdaftar dalam Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) yang dikeluarkan oleh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Pusat (OKKPP) Kementan.

Selanjutnya, Agung memastikan seluruh OKKP Daerah untuk terus mengawasi jamur enoki asal Korea Selatan. Selain itu, mereka juga meminta para importir jamur enoki lainnya mendaftarkan produknya dalam OKKPP Kementan.

Sementara itu, jamur enoki dari Green Co Ltd, Korea Selatan ini disebut CDC sebagai sumber wabah listeria di Amerika Serikat. Sebanyak 36 orang terinfeksi, menyebabkan 31 orang dirawat di rumah sakit, 4 lainnya meninggal dunia.

Kemudian ada juga 6 ibu hamil yang terinfeksi, 2 di antaranya mengalami keguguran janin.

Listeria monocytogenes merupakan salah satu bakteri yang tersebar luas di lingkungan pertanian baik di tanah, tanaman, silase, fekal, limbah, dan air.

Bakteri ini tahan terhadap suhu dingin, sehingga mempunyai potensi kontaminasi silang terhadap pangan lain yang siap dikonsumsi dalam penyimpanan.

Bisa dihilangkan melalui pemanasan suhu mencapai 75 derajat celcius. Menyebabkan penyakit listeriosis yang mempunyai konsekuensi sakit hingga meninggal dunia, utamanya pada golongan rentan, balita, ibu hamil dan lansia.

Disadur dari Suara.com 

Jamur Enoki Korea Selatan Indonesia Bakteri Listeria Monocytogenes


Loading...