Dinkes Cianjur Kaget Penyebaran Nyamuk Demam Berdarah Banyak Terjadi di Wilayah Bersuhu Dingin

Dinkes Cianjur Kaget Penyebaran Nyamuk Demam Berdarah Banyak Terjadi di Wilayah Bersuhu Dingin
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Kamis, 25 Juni 2020 10:44 WIB

Terasjabar.id - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Tresna Gumilar mengaku cukup kaget denhan penyebaran nyamuk demam berdarah banyak dilaporkan dari daerah berhawa dingin wilayah Utara Cianjur seperti Kecamatan Cipanas dan Pacet

Ia mengatakan, hal tersebut berbeda dengan kasus sebelumnya yang banyak terjadi di lingkungan bersuhu agak hangat seperti di wilayah perkotaan Cianjur.

"Ini agak sedikit berbeda dengan kasus sebelumnya, perlu ada pencegahan kenapa nyamuk demam berdarah saat ini berkembang di wilayah yang bersuhu dingin," ujar Tresna ditemui di Jalan Suroso, Kamis (25/6/2020).

Tresna mengatakan, penindakan berupa fogging hanya akan membunuh nyamuk dewasa dan menimbulkan polusi udara.

"Satu pencegahan dengan pola hidup sehat, kalau fogging hanya dilakukan untuk penindakan sesaat," kata Tresna.

Diberitakan sebelumnya, dalam kurun waktu 20 hari dari tanggal 1-21 Juni pihak RSUD Cimacan menerima pasien demam berdarah sebanyak 31 orang.

Atau jika dirata-ratakan perhari ada lebih dari satu orang yang dirawat karena demam berdarah.

Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Cimacan, Hendrawan, mengatakan, pihaknya akan membuat surat rekomendasi untuk kepala dinas kesehatan agar dilakukan penanganan di tempat tinggal pasien.

"Sampai hari ini ada 31 orang yang dirawat karena demam berdarah, tak ada yang meninggal," ujar Hendrawan melalui sambungan telepon, Rabu (24/6/2020).

Hendra menduga perubahan cuaca dan lingkungan menjadi faktor utama perkembangbiakan nyamuk Aedes aegpty atau nyamuk demam berdarah.

"Kami sudah melaporkan kasus DBD ini ke Dinas Kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan epidemiologi di lingkungan tempat tinggal pasien," kata Hendrawan.

Hendrawan mengatakan pihaknya juga akan bekerjasama dengan puskesmas di wilayah Utara mengenai laporan dan data agar dilakukan penindakan lebih lanjut lagi.(fam)

(Tribunjabar.id)


Dinkes Cianjur nyamuk Suhu Dingin Demam berdarah


Loading...