117 Kampung KB Program Unggulan Kuningan Ikuti 'Bimtek' Pelaporan Online

117 Kampung KB Program Unggulan Kuningan Ikuti 'Bimtek' Pelaporan Online
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 25 Juni 2020 09:22 WIB

Terasjabar.id,Kuningan - Bimbingan Teknis Pelaporan Online Pendamping Kampung KB, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab Kuningan, dihadiri Ketua TP. PKK Kab Kuningan, Kepala DPPKBP3A, PKB, TPD, dan PL KB Kab Kuningan di Aula kantor setempat Rabu (23/06-2020)

Kepala DPPKBP3A Kab Kuningan Trisman Supriatna, M.Pd mengatakan kegiatan, 'bimtek' merupakan salah satu bentuk untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan Tim KB di lapangan dalam mewujudkan pembangunan di Kab Kuningan melalui program Keluarga Berencana. Kab Kuningan saat ini telah memiliki 117 kampung KB. Dan program kampung KB (Keluarga Berkualitas) merupakan program unggulan. Adapun tujuan kegiatan bimtek untuk meningkatkan kemampuan PL ( Penyuluh Lapangan) KB dalam pelaporan online kampung KB.

Dan diharapkan masyarakat dapat menjalankan 8 fungsi Keluarga salah satunya fungsi reproduksi selain fungsi Agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, pendidikan, ekonomi serta fungsi pelestarian lingkungan. "keluarga tersebut diharapkan mampu melakukan fungsi reproduksinya dengan baik dan terencana. Bagaimana semuanya terencanakan, mulai menikah, kemudian memiliki anak, pendidikan anaknya dan sebagainya" jelas Trisman.

Sekda Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si saat memberikan arahan berpesan,agar para petugas bisa berinovasi, berkreativitas untuk mensiasati terkait kebijakan Pemerintah dlm penerapan Protokol Kesehatan Covid-19, dalam penyampaian sosialisasi ke masyarakat dengan pemanfaatan teknologi. Serta dengan penerapan konsep pembangunan pentahelix yang selalu digaungkan oleh Gubernur Jabar, dimana unsur Pemerintah, masyarakat/komunitas, akademisi, pengusaha dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

Dengan demikian program KB akan maksimal dengan menerapkan konsep tersebut. Lebih lanjut Sekda menuturkan dalam mewujudkan kampung KB harus menerapkan pula pola anutan yang baik. Diakhir arahannya Sekda berharap agar jumlah Kampung KB bisa lebih ditingkatkan seimbang dengan jumlah Desa yang ada, pungkas Dian.( H WAWAN JR)

Kuningan Jabar Bimtek Online


Loading...