Timbulkan Kerumunan, Pemprov DKI Jakarta Akhirnya Mengevaluasi Penyelengaraan CFD di Masa Transisi PSBB

Timbulkan Kerumunan, Pemprov DKI Jakarta Akhirnya Mengevaluasi Penyelengaraan CFD di Masa Transisi PSBB
Ilustrasi (Bisnis.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 24 Juni 2020 11:29 WIB

Terasjabar.id - Pemprov DKI Jakarta akhirnya mengevaluasi penyelenggaraan car free day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota.

Hasilnya, DKI kembali meniadakan CFD guna mencegah terjadinya kerumunan warga agar tak ada klaster baru penyebaran corona.

"HBKB di Sudirman-Thamrin ditiadakan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, Rabu (24/6/2020).

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menambahkan bahwa CFD untuk sementara ditiadakan di jalan protokol Ibu Kota itu. Menurut dia, Pemprov DKI masih membahas kemungkinan CFD digelar di lokasi lain.

"Tetapi mungkin akan ada semacam tempat alternatif lain lah, caranya bagaimana supaya memberikan ruang bagi masyarakat di luar Sudirman-Thamrin. Karena kemarin evaluasinya orang dari jauh-jauh harus ke Thamrin-Sudirman," terang Arifin.

Ia menambahkan, DKI ingin mencegah adanya kerumunan warga dengan menyelenggarakan CFD yang hanya terpusat di Jalan Sudirman-Thamrin. Sehingga, HBKB direncanakan tidak terpusat di satu kawasan tersebut.

Arifin menjelaskan, CFD kemungkinan dilaksanakan tidak dengan menutup jalan. Sehingga, DKI nantinya hanya akan menggelar CFD di taman kota atau lokasi lain di lima wilayah administrasi Ibu Kota.

Namun, lokasi-lokasi tersebut masih dibahas oleh para wali kota. Selain itu, Arifin menegaskan bahwa penyelenggaraan CFD juga tidak memperbolehkan adanya aktivitas ekonomi.

"Sedang diinventarisir oleh masing-masing wilayah. Sedang disiapkan, nanti akan ada informasi lebih lanjut dari para wali kota," pungkasnya.

Disadur dari Okezone.com

Pandemi Virus Corona PSBB Pemprov DKI Jakarta CFD


Loading...