Mahfud MD Meminta Gakkumdu Untuk Mengantisipasi Kerawanan Saat Pilkada 2020, Mengawasi Jalannya Penerapan Protokol Kesehatan

Mahfud MD Meminta Gakkumdu Untuk Mengantisipasi Kerawanan Saat Pilkada 2020, Mengawasi Jalannya Penerapan Protokol Kesehatan
(ist/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Life Style —Rabu, 24 Juni 2020 08:30 WIB

Terasjabar.id - Para penyelenggara pemilihan umum diminta mengoptimalkan peran sentra penegakkan hukum terpadu (gakkumdu) untuk mengantisipasi kerawanan saat Pilkada 2020. Salah satunya untuk mengawasi jalannya penerapan protokol kesehatan.

Pesan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD saat menghadiri pemaparan indeks dan peta kerawanan Peilkada Serentak 2020 yang dirilis Bawaslu, Selasa (23/6/2020). Menurutnya penerapan protokol kesehatan harus diawasi ketat supaya Pilkada 2020 yang sejatinya merupakan pesta demokrasi tidak menjadi bencana dan masalah.

"Penyelenggara Pilkada dan aparat keamanan diharap memanfaatkan gakkumdu untuk mengantisipasi potensi kerawanan," kata Mahfud.

Mahfud menjelaskan penyelenggara Pilkada 2020 dan aparat keamanan perlu menyosialisasikan protokol kesehatan saat pemungutan suara kepada masyarakat, khususnya yang memiliki hak suara. Dia berharap seluruh masyarakat, aparat keamanan, dan penyelenggara bisa menjaga tahapan dan proses Pilkada 2020 secara demokratis.

"Itu pokok perhatian saya," ucap Mahfud.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Menko Polhukam gakkumdu


Loading...