Advertisement

Pemkot Bandung Mengklaim Sudah Dapat Mengendalikan Penularan Virus Corona, Saat ini Angka Reproduksinya Sudah Menurun

Pemkot Bandung Mengklaim Sudah Dapat Mengendalikan Penularan Virus Corona, Saat ini Angka Reproduksinya Sudah Menurun
(TRIBUN JABAR/TIAH SM : Google)
Editor: Epenz Teras Bandung —Selasa, 23 Juni 2020 20:05 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kota Bandung mengklaim sudah dapat mengendalikan penularan Covid-19, saat ini angka reproduksinya sudah menurun dari 1,09 menjadi 0,62.

Ketua harian tim gugus tugas penanganan percepatan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, turunnya angka reproduksi ini sejalan dengan menurunnya kasus positif, orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Berdasarkan data yang diterimanya, sejak diterapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional lanjutan, dari 13 Juni hingga 22 Juni 2020, terjadi penurunan kasus.

ODP dari 265 orang, kini tinggal 253 orang, kemudian PDP dari 158 orang turun menjadi 150 orang.

Kemudian dari 13 Juni 2020 kasus positif berada di angka 138 orang, hingga 22 Juni 2020 angkanya turun menjadi 103 orang.

"Reproduksi itu versi kita, sudah disinkronkan dengan Provinsi, kita 0,62 selama PSBB kedua ini, artinya di bawah satu, saya senang luar biasa," ujar Ema, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (23/6/2020)

Dikatakan Ema, salah satu keberhasilan Kota Bandung mengendalikan Covid-19 ini karena banyaknya jumlah tes (surveillance) yang dilakukan selama PSBB Proporsional.

Namun, Ema tidak mengetahui berapa jumlah serta rincian hasil dari tes selama PSBB proporsional lanjutan ini.

"Itu saya belum (dapat datanya), biasanya Kamis saya dapat data itu," katanya.

Sementara target pemerintah Kota Bandung dalam melakukan tes masif ini berada diangka 18 ribu atau 0,6 persen dari total penduduk Kota Bandung yang mencapai 3 juta.

Saat ini, kata dia, semua puskesmas sudah dapat melakukan tes PCR untuk PDP dan ODP.

"Untuk PCR tidak ada masalah, karena semua puskesmas yang itu sudah bisa PCR, buka hanya rapid, nanti semuanya (hasilnya) dibawa ke BSL2, itu lambatnya tujuh hari ada pengumuman dan itu gratis ya," ucapnya.



Disadur dari Tribunjabar.id

Pandemi Virus Corona Pemkot Bandung Penularan Virus Coona


Related Post



Loading...