Harga Cabai Keriting Panjang di Pasar Tradisional Kota Ambon Kini Bergerak Naik

Harga Cabai Keriting Panjang di Pasar Tradisional Kota Ambon Kini Bergerak Naik
Ilustrasi (Bibit Bunga : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 23 Juni 2020 13:14 WIB

Terasjabar.id - Harga cabai keriting panjang di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku kini bergerak naik mencapai Rp60.000 per kilogram (kg). Sebelumnya harga cabai jenis ini sebelumnya Rp 40.000 per kg.

Seperti terpantau di Pasar Batu Merah, Mardika, dan Pasar Lama, Selasa (23/6/2020). Sedangkan cabai merah biasa bergerak turun dari Rp80.000 menjadi Rp70.000 per kg.

Salah satu pembeli Merry mengaku heran dengan kenaikan harga cabai ini. Menurutnya, stok cabai merah biasa maupun cabai keriting panjang cukup banyak dan terlihat di mana-mana, tetapi harganya mahal.

"Sebenarnya ini permainan para pedagang ataukah sudah menjadi kebiasaan di waktu-waktu tertentu terjadi perubahan harga di pasar," katanya.

Sementara salah satu pedagang cabai di Pasar Mardika, Asis mengatakan, harga cabai keriting panjang sedang bergerak naik. Sedangkan cabai merah biasa sedikit turun.

"Para pedagang membeli dari petani bervariasi harga, dan berbeda-beda petani di desa masing-masing. Harga yang ditawarkan rata-rata berkisar antara Rp40.000 hingga Rp50.000, bahkan ada yang menjual Rp60.000 per kg," katanya.

Menurutnya, yang menjadi persoalan yakni ongkos transportasi dari desa-desa sentra produksi itu yang mahal. Tak hanya itu, ada dana pembayaran kepengurusan terkait dengan aturan-aturan yang berkaitan dengan Gugus Tugas Covid-19 yang harus diikuti agar bisa lolos.

"Permasalahannya di situ, jadi kita harus pandai-pandai menawarkan harga barang dagangan agar tidak merugi," ujarnya.

Sedangkan harga bumbu masak yang lain seperti bawang putih masih tetap bervariasi mulai yakni Rp25.000 hingga Rp30.000 per kg. Untuk bawang merah Rp60.000 per kg, bumbu masak lain seperti lengkuas, kunyit dan jahe rata-rata Rp5.000 per ikat kecil.

Disadur dari iNews.id

Cabai Keriting Pasar Tradisional Kota Ambon Maluku


Loading...