Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Barat Akan Fokus Melakukan Tes di Pasar hingga Stasiun

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Barat Akan Fokus Melakukan Tes di Pasar hingga Stasiun
(iNews/Juhpitameilana : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 23 Juni 2020 08:59 WIB

Terasjabar.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) akan fokus melakukan tes di pasar tradisional, objek wisata, dan stasiun atau terminal. Sebab potensi penularan virus corona atau Covid-19 di tiga area itu besar.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jabar Ridwan Kamil menjelaskan sebanyak 69 dari 1.540 orang yang liburan ke kawasan Puncak menujukkan hasil rapid test reaktif. Tes cepat tersebut berlangsung di lima titik selama dua hari, Sabtu (20/6/2020) dan Minggu (21/6/2020).

"Sehingga, saya mengimbau masyarakat untuk menahan diri (berwisata). Kami akan terus meningkatkan kewaspadaan. Mereka yang reaktif akan ditindaklanjuti dengan tes swab," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (22/6/2020).

Kang Emil mengatakan, sebaran Covid-19 di Jabar masih terkendali. Hal itu terlihat dari angka reproduksi efektif (Rt) Covid-19 Jabar yang konsisten berada di bawah 1.

“Angka rata-rata reproduksi (Covid-19), alhamdulillah di bawah 1. Setiap minggu kami melaporkan. Minggu ini memang ada kenaikan di 0,9, tapi kalau rata-rata selama dua minggu, (Rt) kami ada di 0,68,” ujarnya.

Menurut Kang Emil, protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru (AKB) sudah mulai diterapkan dalam kegiatan ekonomi, seperti yang terpantau di sejumlah pasar tradisional, dan objek wisata.

“Minggu ini, kami juga mendapati ekonomi sudah bergerak. Monitoring dari kami, protokol-protokol kesehatan. Kami meninjau di KBB, di Pangandaran sempat, dan di Kabupaten Bandung, dari mulai kedatangan sudah mulai melakukan pengetesan suhu, antrean berjarak, penjualan tiket online,” ujarnya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Gubernur Jawa Barat Pasar Tradisional Objek Wisata Stasiun


Loading...