Kronologi Lengkap Penyerangan Kelompok John Kei di Green Lake City Tangerang dan Cengkareng

Kronologi Lengkap Penyerangan Kelompok John Kei di Green Lake City Tangerang dan Cengkareng
Tribunjakarta.com
Editor: Malda Hot News —Senin, 22 Juni 2020 15:03 WIB

Terasjabar.id - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana menjelaskan kronologi penyerangan yang dilakukan kelompok John Kei di perumahan Green Lake City, Cipondoh, Tangerang, dan pembacokan di Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (21/6/2020).

Nana mengatakan, anak buah John Kei lebih dulu melakukan penganiayaan di kawasan Kosambi, Cengkareng, sekitar pukul 11.30.

"Kelompok John Kei berjumlah lima sampai tujuh melakukan penganiayaan terhadap kelompok Nus Kei," kata Nana saat merilis kasus ini di Mapolda Metro Jaya, Senin (22/6/2020).

Akibat penganiayaan tersebut, jelas Nana, satu orang meninggal dunia usai dibacok.

Sedangkan, seorang anak buah Nus Kei lainnya mengalami putus jari tangan.

"Korban ER meninggal dunia. Satu orang lain putus jari tangan, jari tangan putus berinisial AR," ujar dia.

Tak berselang lama setelah penganiayaan di Cengkareng, kelompok John Kei menuju perumahan Green Lake City di Cluster Australia.

Polisi menggiring John Kei setelah dihadirkan bersama anggota kelompoknya dalam rilis perkara yang dipimpin Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (22/6/2020). John Kei bertanggung jawab dalam kasus penganiayaan, permufakatan jahat, pembunuhan berencana terhadap Nus Kei dan anak buahnya, ER. ER tewas di Kosambi, Cengkareng, Minggu (21/6/2020).
Polisi menggiring John Kei setelah dihadirkan bersama anggota kelompoknya dalam rilis perkara yang dipimpin Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (22/6/2020). John Kei bertanggung jawab dalam kasus penganiayaan, permufakatan jahat, pembunuhan berencana terhadap Nus Kei dan anak buahnya, ER. ER tewas di Kosambi, Cengkareng, Minggu (21/6/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/Annas Furqon Hakim)

Nana menuturkan, lokasi yang dituju kelompok John Kei merupakan kediaman Nus Kei.

Akan tetapi, saat itu Nus Kei sedang tidak berada di kediamannya. Hanya ada istri dan anak Nus Kei.

"Istri dan anak meninggalkan tempat, dan terjadi perusakan, pintu, ruang tamu dan kamar dilakukan 15 orang. Selain itu mereka juga merusak dua mobil milik Nus Kei," terang Nana.

Lantaran tidak menemukan orang yang dicari, kelompok John Kei meninggalkan lokasi.

"Mereka secara brutal merusak gerbang perumahan tersebut," tutur Nana.

Seusai dua peristiwa penyerangan tersebut, polisi bergerak cepat mengidentifikasi para pelaku.

Sebanyak 30 orang, termasuk John Kei, diamankan polisi di Perumahan Tytyan Indah, Kota Bekasi, Minggu (21/6/2020) sekitar pukul 20.15.

John Kei dan kelompoknya diamankan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (22/6/2020).
John Kei dan kelompoknya diamankan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (22/6/2020). (TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim)

 Kediaman John Kei Usai di Tytyan Indah Bekasi Dijaga Polisi Bersenjata Lengkap

Personel kepolisian melakukan penjagaan di kediaman John Kei Perumahan Tytyan Indah, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Senin, (22/6/2020).
Personel kepolisian melakukan penjagaan di kediaman John Kei Perumahan Tytyan Indah, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Senin, (22/6/2020). (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

Pasca-penangkapan John Kei dan 24 anggotanya, personel kepolisian dari Polsek Medan Satria, Polres Metro Bekasi tampak melakukan penjagaan di rumah yang berada di Tytyan Indah Utama, Kota Bekasi, Senin (22/6/2020).

Pantauan TribunJakarta.com, suasana perumahan Tytyan Indah Utama tampak normal dengan aktivitas warga pada umumnya.

Hanya saja, personel kepolisian dengan berseragam lengkap, menenteng senjata laras panjang terlihat berjaga persis di depan kediaman John Kei.

Terdapat dua personel yang berjaga di depan rumah, sedangkan sejumkah personel lainnya terlihat melakukan patroli di sekeliling komplek perumahan.
"Sudah ada anggota saya di sana (berjaga)," kata Kapolsek Medan Satria Kompol Agus Rahmat saat dihubungi TribunJakarta.com.

Sebelumnya diberitakan, Polisi menangkap John Kei dan 24 anggota kelompoknya di perumahan Tytyan Indah, Bekasi, Minggu (21/6/2020) malam.

Penggerebekan ini diduga merupakan buntut dari keributan yang sebelumnya terjadi di Perumahan Green Lake City Kota Tangerang.

Sebanyak 25 dan empat unit sepeda motor diamankan polisi, termasuk tokoh bernama John Kei.

"Tentunya sodara inisial J (John Kei) kita juga amankan, saat ini kita mintai keterangan di Polda Metro Jaya," kata Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Alfian.

(Tribunjakarta.com)

John Kei Nus Kei Bekasi Green Lake City Penembakan Tabrak Satpam Nusakambangan Cengkareng


Loading...