TKW yang Lumpuh di Malaysia Itu Segera Dipulangkan, Disnakertrans Sumedang Siapkan Dana Khusus

TKW yang Lumpuh di Malaysia Itu Segera Dipulangkan, Disnakertrans Sumedang Siapkan Dana Khusus
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Senin, 22 Juni 2020 13:43 WIB

Terasjabar.id -TKW yang Lumpuh di Malaysia Itu Segera Dipulangkan, Disnakertrans Sumedang Siapkan Dana Khusus

Hal tersebut dilakukan agar TKW asal Dusun Cikaraha, RT 3/4, Desa Bugel, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang itu bisa dipulangkan dengan cepat karena saat ini dia mengalami kelumpuhan setelah stroke sejak 8 bulan yang lalu.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sumedang, Asep Sudrajat mengatakan, untuk saat ini tidak ada anggaran khusus untuk memulangkan TKW tersebut, namun pihaknya bakal berupaya untuk menyiapkan anggarannya agar Atin bisa pulang dengan cepat.

"Tahun ini di (APBD) perubahan atau di murni saya akan minta pembiayaan khusus untuk memulangkan TKW ini," ujarnya saat ditemui Tribun Jabar di Kantor Disnakertrans Sumedang, Senin (21/6/2020).

Ia mengatakan, Atin ditargetkan paling lama bisa dipulangkan dengan waktu sekitar 3 bulan karena untuk anggarannya hingga saat ini masih disiapkan, sedangkan untuk masalah administrasi sudah diselesaikan.

"Memang kita tidak ada biaya, kalau ada pasti cepat. Mudah-mudahan ada, misalnya kita butuh ratusan juta itu harus dana diam dari APBD," ucapnya.

Menurutnya, anggaran untuk memulangkan PMI ilegal tersebut memang harus disiapkan karena kondisi keluarganya merupakan orang yang tidak mampu.

"Tapi alhamdulillah untuk TKW yang bermasalah sejauh ini tidak ada kendala saat pemulangannya, baik itu yang meninggal maupun yang sakit. Khusus yang ini kita akan percepat," kata Asep.

Diberitakan sebelumnya, Atin mengalami kelumpuhan setelah terjatuh saat bekerja di Kuala Lumpur sejak 8 bulan yang lalu, sehingga saat ini keluarganya meminta difasilitasi untuk dipulangkan.

(Tribunjabar.id)


TKW Malaysia Sumedang dana Khusus


Loading...