Gempa Tektonik Magnitudo 5,0 di Pacitan Membuat Warga Panik, BPBD Pacitan Memastikan Tidak Ada Kerusakan Akibat Gempa Tersebut

Gempa Tektonik Magnitudo 5,0 di Pacitan Membuat Warga Panik, BPBD Pacitan Memastikan Tidak Ada Kerusakan Akibat Gempa Tersebut
(iNews.id/Ahmad Subekhi : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 22 Juni 2020 11:26 WIB

Terasjabar.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan memastikan tidak ada kerusakan akibat gempa tektonik magnitudo 5,0 di 107 barat daya Pacitan, Senin (22/6/2020). Namun, besarnya guncangan sempat membuat panik warga.

“Pascagempa dini hari tadi, kami terus memonitor situasi di lapangan. Sampai saat ini, belum ada laporan kerusakan dari masyarakat. Situasi tetap terkendali,” kata Kepala BPBD Pacitan Didik Ali Wibowo, Senin (22/6/2020).

Didik mengakui, warga sempat khawatir terjadi tsunami atau gempa susulan. Tetapi, setelah mendapat informasi resmi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa gempa tidak berpotensi tsunami, warga kembali tenang.

Bahkan, pagi ini masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa, termasuk para nelayan di wilayah Pacitan. Pagi tadi mereka tetap pergi ke laut untuk mencari ikan. “Kami harap situasi ini tetap dijaga. Warga jangan panik. Namun tetap waspada,” ujarnya.

Berdasarkan data BMKG, gempa berkekuatan M5,0 terjadi pada Senin, pukul 02.33 WIB. Lokasi gempa berada 107 km barat daya Pacitan, Jawa Timur (Jatim) di kedalaman 63 Km. Guncangan gempa ini terasa hingga sejumlah wilayah di Jatim, antara lain Trenggalek dan Blitar.

Salah seorang warga Trenggalek, Titik Sumiati mengatakan, gempa terjadi cukup lama, sekitar satu menit. Getarannya juga lumayan besar, membuat rangka kayu rumahnya bersuara.

“Kebetulan saya pas bangun mau salat. Tiba-tiba lantai rumah bergoyang. Karena takut, saya langsung berlindung di balik pintu,” katanya.


Disadur dari iNews.id

Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 5.0 Pulau Jawa BPBD Pacitan


Loading...