Tes Swab Massal Terus Dilakukan Pemda Kabupaten Indramayu, Ratusan Tokoh Agama Pun Jadi Sasaran

Tes Swab Massal Terus Dilakukan Pemda Kabupaten Indramayu, Ratusan Tokoh Agama Pun Jadi Sasaran
(ist/Tribunjabar.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 21 Juni 2020 14:13 WIB

Terasjabar.id - Secara marathon, tes swab massal terus dilakukan pemerintah daerah Kabupaten Indramayu.

Terbaru, tes swab massal dilakukan kepada sebanyak 156 tokoh agama se-Kabupaten Indramayu di Islamis Center Indramayu pada Sabtu (20/6/2020) kemarin.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Taufik Hidayat mengatakan, pemerintah daerah terus berusaha memetakan penyebaran virus corona.

Tes demi tes pun akan terus dilakukan sebagai langkah serius pemerintah menekan laju pertumbuhan virus corona di Kabupaten Indramayu.

"Swab massal akan terus dilakukan baik secara terencana dengan sasaran orang-orang yang resiko tinggi maupun swab massal secara acak dengan target lokasi kerumunan dan lainnya," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Minggu (21/6/2020).

Dilakukannya tes swab massal terhadap ratusan tokoh agama seperti imam masjid, pengurus pondok pesantren, dan lain sebagainya ini karena menjadi orang yang memiliki risiko paparan tinggi.

Terlebih, kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren sekarang sudah diperbolehkan beraktivitas kembali pasca-diberlakukannnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional di Kabupaten Indramayu.

Taufik Hidayat yang sekaligus Plt Bupati Indramayu menilai, swab massal dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat deteksi terhadap penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Indramayu.

Peta sebaran kasus yang didapat nanti akan dijadikan bahan evalusi guna pengambilan kebijakan selanjutnya.

"Swab massal ini akan memperbanyak kasus yang terdekteksi. Ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan pengambil kebijakan dan yang terpenting kita bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Indramayu, KH Syatori mengapresiasi langkah tepat yang dilakukan pemerintah daerah.

Swab massal bagi para tokoh agama ini diharapkan bisa menekan laju penyebaran Covid-19 di Indramayu.

"Mudah-mudahan yang sudah diswab semuanya sehat, sehingga para imam masjid ini bisa memimpin ibadah dengan tenang dan tidak was-was. Kami berharap semuanya negatif," ujarnya.


Disadur dari TRibunjabar.id

Pandemi Virus Corona Tes Swab Kabupaten Indramayu


Loading...