Fenomena Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Pada Minggu (21/6/2020) Hari ini, Bisa Disaksikan di Seluruh Sumut, Ini Waktu dan Puncaknya

Fenomena Gerhana Matahari Cincin Akan Terjadi Pada Minggu (21/6/2020) Hari ini, Bisa Disaksikan di Seluruh Sumut, Ini Waktu dan Puncaknya
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 21 Juni 2020 09:27 WIB

Terasjabar.id - Fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi pada Minggu (21/6/2020) hari ini. Seluruh wilayah di Sumatera Utara (Sumut) berkesempatan untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

"Gerhana yang teramati dari Sumatera Utara berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana antara 0,092 di Teluk Dalam hingga 0,189 di Stabat," ujar Kepala Stasiun Geofisika Deliserdang Teguh Rahayu yang dihubungi dari Medan, Sabtu (20/6/2020) malam.

Menurutnya, gerhana matahari merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan sehingga tidak semuanya sampai ke bumi. Secara umum, gerhana matahari di Sumut akan dimulai pada pukul 13.37 WIB. Puncak gerhana terjadi pada pukul 14.48 WIB dan akan berakhir pukul 15.48 WIB.

"Durasi gerhana yang teramati di Sumatera Utara rata-rata 1,91 jam," katanya.

Data visibilitas gerhana matahari cincin 21 Juni 2020 dapat diakses melalui laman bmkg.go.id sehingga dapat diketahui waktu kontak awal, puncak gerhana, kontak akhir, durasi gerhana, dan magnitudo gerhana.

Kepada masyarakat di Sumut, dia juga menyampaikan untuk tidak melihat langsung gerhana matahari dengan mata telanjang. Gunakan kaca mata khusus untuk melihat gerhana.

"Tidak pakai teropong sangat berbahaya. Sedangkan menggunakan teropong pun harus pakai filter.Juga jangan melihat bayangan di air," katanya.

Dia juga menyampaikan gerhana matahari cincin akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo terentang antara 0,000 di Kepanjen, Jawa Timur sampai dengan 0,522 di Melonguane, Sulawesi Utara.

Namun, ada 83 pusat kota lainnya, yaitu dua kota di Bengkulu, tujuh kota di Lampung, sepuluh kota Jawa Tengah, dan tujuh kota di Jawa Timur serta semua kota di Jawa Barat (kecuali Indramayu), Banten, DKI Jakarta, dan DI Yogyakarta tidak akan dilalui gerhana ini karena nilai magnitudo gerhananya kurang dari 0.

Disadur dari iNews.id

Fenomena Alam Gerhana Matahari Cincin BMKG Sulawesi Selatan


Loading...