Advertisement

Hari Minggu 21 Juni 2020 Akan Terjadi Gerhana Matahari Cincin, Gerhana Matahari Cincin di Bandung Hanya Bisa dilihat Secara Live Streaming, Berikut Caranya

Hari Minggu 21 Juni 2020 Akan Terjadi Gerhana Matahari Cincin, Gerhana Matahari Cincin di Bandung Hanya Bisa dilihat Secara Live Streaming, Berikut Caranya
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Teras Bandung —Minggu, 21 Juni 2020 08:39 WIB

Terasjabar.id - Hari Minggu 21 Juni 2020 akan terjadi fenomena alam yakni gerhana matahari cincin.

Gerhana matahari cincin ini bisa disaksikan di sejumlah negara termasuk di Indonesia. Namun tidak semua wilayah Indonesia bisa menyaksikannya termasuk di Bandung.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyebutkan bahwa gerhana ini akan melewati 432 pusar kota dan kabupaten di 31 provinsi.

Selebihnya, sebanyak 32 kota dan 3 provinsi tidak dapat menyaksikan gerhana matahari ini, termasuk di wilayah Jawa Barat terkecuali Indramayu.

Di daerah ini, gerhana dimulai pukul 15.11 WIB, puncaknya pukul 15.14 WIB, dan berakhir pada pukul 15.16 WIB.

Meski begitu, tak perlu khawatir, sebab BMKG menyediakan Link Live Streaming pengamatan gerhana matahari cincin (http://bmkg.go.id/GMC ) dari 19 titik di Indonesia. 

Seperti disebutkan dalam siaran pers BMKG, gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari. 

Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 ini adalah Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, Cina, danSamudera Pasifik.

GMC 21 Juni 2020 ini juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian Utara dan Timur, Asia (termasuk Indonesia), Samudra India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian. (siti fatimah)


Disadur dari Tribunjabar.id

Fenomena Alam Gerhana Matahari Cincin Bandung BMKG


Related Post



Loading...