Sejumlah Sekolah di Kabupaten Sorong Papua Baray Mulai Menerapkan Sistem Belajar Dengan Aplikasi Zoom

Sejumlah Sekolah di Kabupaten Sorong Papua Baray Mulai Menerapkan Sistem Belajar Dengan Aplikasi Zoom
(iNews/Andrew Chanry : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 19 Juni 2020 11:18 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah sekolah di Kabupaten Sorong, Papua Barat, mulai menerapkan sistem belajar dengan aplikasi Zoom. Namun kondisi jaringan internet di daerah tersebut membuat kelas online tersebut sedikit terkendala.

Daerah yang masuk zona merah Covid-19 memang menunda sementara aktivitas belajar mengajar secara tatap muka. Selama ini proses pembelajaran jarak jauh hanya mengandalkan tugas-tugas dari guru, namun kini memanfaatkan aplikasi meeting online, Zoom.

Sejumlah sekolah yang menerapkan metode tersebut di antaranya SD Inpres 12 Sorong. Guru meminta siswa mengunduh dan melakukan pendaftaran online lalu melaksanakan kegiatan belajar mengajar daring via ponsel atau komputer.

Guru di sekolah tersebut, Sutiwi mengatakan, sementara kegiatan di kelas berlangsung secara online. Tujuannya untuk mengantisipasi kebijakan pemerintah yang mengizinkan kembali murid-murid berlajar di kelas seperti biasa.

"Kami masih khawatir bila belajar mengajar dilakukan secara langsung. Karena itu kami menyiapkan diri dengan metode online lewat aplikasi Zoom," kata Sutiwi di Kabupaten Sorong, Papua Barat, Jumat (10/6/2020).

Sementara ini kelas online hanya untuk siswa kelas 5-6 SD saja. Sebanyak 60 pelajar dan tenaga pendidik serta panitia pelaksana mendapatkan kuota gratis untuk menunjang proses belajar mengajar tersebut.

Menurut Tiwi, saat ini kendala yang dikhawatirkan oleh para guru yaitu jaringan internet. Sejumlah lokasi di Kabupaten Sorong masih belum maksimal terjangkau jaringan komunikasi tersebut, sehingga kelas online pun tak bisa berjalan optimal.

Namun, kata dia, para guru tetap akan berupaya mencari solusi untuk sejumlah siswa yang terkendala jaringan internet. Mereka ingin para pelajar di Papua tetap mendapat pendidikan berkualitas di tengah pendemi Covid-19.

"Kami juga selalu meminta anak-anak untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Ini menjadi perhatian khusus kami kepada murid setiap kali belajar online," ujar dia.

Disadur dari Suara.com 

Pandemi Virus Corona Papua Barat Aplikasi Zoom Kabupaten Sorong


Loading...