Kemenpora Tidak Pernah Melarang Pelatih Shin Tae-yong Membawa Timnas Indonesia U-19 Melakukan TC di Korsel

Kemenpora Tidak Pernah Melarang Pelatih Shin Tae-yong Membawa Timnas Indonesia U-19 Melakukan TC di Korsel
(Kompas Bola : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Jumat, 19 Juni 2020 09:49 WIB

Terasjabar.id - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengeluarkan sebuah klarifikasi yang salah satu isinya adalah tidak pernah melarang manajer pelatih Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia U-19 melakukan training camp (TC) di Korea Selatan (Korsel).

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan bahwa pihaknya hanya memberikan saran supaya TC dilakukan di Indonesia yang berarti tidak menutup kemungkinan berlangsung di Korsel.

"Plt Sekjen PSSI (Yunus Nusi) pernah menyampaikan informasi saat berkunjung ke Kemenpora, bahwa Shin Tae-yong ingin membawa Timnas U-19 ke Korea Selatan. Waktu itu jawaban Kemenpora: 'jika bisa, lebih baik di Indonesia, tapi tidak menutup peluang diboyong ke Korea Selatan," kata Gatot dalam keterangan resminya.

Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (11/12/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]
Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (11/12/2019). [Suara.com/Arief Apriadi]

Hanya saja, Gatot menjelaskan PSSI harus memberikan sebuah alasan kuat mengapa Timnas Indonesia U-19 harus melakukan TC di Korsel.

"Perlu diluruskan, bahwa Kemenpora tidak pernah melarang keinginan Shin Tae-yong. Hanya saja, karena PSSI belum memberikan justifikasi alasan mengapa harus ke Korea Selatan, maka dari pada menunggu lama, Kemenpora memutuskan silakan jika Shin Tae-yong ingin memboyong ke Korea Selatan," jelasnya.

"Hanya saja Kemenpora tinggal menunggu justifikasinya, dan jika kesulitan nyusun justifiksi jika sewaktu-waktu diaudit, Kemenpora akan membantu formulasinya," ia menambahkan.

Lebih jauh, Gatot mengaku pemerintah selalu mendukung apapun kebijakan dari Shin Tae-yong dalam menangani Timnas Indonesia. Namun, itu semua harus didasari dengan alasan yang jelas.

"Memang sejauh ini saya belum komunikasi langsung dengan Shin Tae-yong, tapi jika sewaktu-waktu komunikasi atau ketemu, akan disampaikan komitmen Kemenpora bahwa pemerintah Indonesia mendukung Shin Tae-yong dalam mempersiapkan Timnas U-19 sejauh memang tujuannya untuk peningkatan prestasi di Piala Dunia U-20, meningkatkan peringkat FIFA dan mendorong prestasi dan lingkungan sepakbola Indonesia yang lebih baik," pungkasnya.

Disadur dari Suara.com 

Kemenpora Shin Tae-yong Timnas Indonesia U-19 TC Korea Selatan


Loading...