KABAR BURUK, Dampak Pandemi, Sri Mulyani Sebut Defisit APBN Meningkat, Jadi Beban 10 Tahun ke Depan

KABAR BURUK, Dampak Pandemi, Sri Mulyani Sebut Defisit APBN Meningkat, Jadi Beban 10 Tahun ke Depan
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Jumat, 19 Juni 2020 08:38 WIB

Terasjabar.id - Pandemi Covid-19 berisiko memberikan dampak membesarnya defisit anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN) Indonesia.

Hal ini dijelaskan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Selain itu, dilansir dari Kompas.com, Sri Mulyani pun mengatakan, peningkatan defisit tersebut bakal menjadi beban negara hingga 10 tahun ke depan.

"Dengan adanya Covid-19 kita mengalami defisit yang meningkat secara dramatis, dan ini akan menjadi beban 10 tahun ke depan," ujar Sri Mulyani ketika melakukan rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, Kamis (18/6/2020).

Pemerintah memperoyeksi terjadi peningkatan defisit APBN dari Rp 852,9 triliun atau sekitar 5,07 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) di dalam Perpres Nomor 54 tahun 2020, menjadi Rp 1.039,2 triliun atau menjadi 6,34 persen dari PDB.
Untuk menutup defisit APBN, pemerintah pun mengambil jalan dengan menarik pembiayaan atau utang lewat bebagai cara. Salah satunya dengan melelang Surat Utang Negara (SUN).

Sejak awal tahun hingga akhir Mei 2020 pemerintah telah menarik utang baru sebesar Rp 360,7 triliun. Tahun ini, pemerintah menargetkan pembiayaan utang untuk menutup defisit anggaran sebesar Rp 1.006,4 triliun.

Sri Mulyani pun mengatakan untuk mengantisipasi peningkatan defisit tersebut, perlu dilakukan pembagian beban atau burden sharing dengan Bank Indonesia (BI). Harapannya, pemerintah bisa mengelola dampak negatif Covid-19 tanpa meningkatkan beban fiskal.

"Oleh karena itu pembagian beban kami dengan BI akan menjadi kunci bagaimana bisa mengelola dampak (Covid-19) tanpa meningkatkan beban fiskal yang akan mengurangi kemampuan kita dalam mendukung berbagai program pembangunan dan mengatasi masalah fundamental," kata dia.

Adapun untuk tahun depan, Bendahara Negara itu mengatakan defisit anggaran akan berada di kisaran 3,21 persen hingga 4,17 persen terhadap PDB. Angke tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan proyeksi tahun ini namun masih di atas level normal yang berada di kisaran 3 persen.

 
"Dengan tingkat defisit tersebut maka primary balance masih di negatif antara 1,2 persen hingga 2 persen dari PDB, sangat besar," ucap dia.


(Tribunjabar.id)

APBN Virus Corona Anggaran Sri Muyani


Loading...