RSMM Timika Merawat Dua Orang Pasien yang Terkonfirmasi Virus Corona, Ada Beberapa Pasien yang Menunggu Hasil Tes Swab

RSMM Timika Merawat Dua Orang Pasien yang Terkonfirmasi Virus Corona, Ada Beberapa Pasien yang Menunggu Hasil Tes Swab
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 18 Juni 2020 12:56 WIB

Terasjabar.id - Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika merawat dua orang pasien yang terkonfirmasi positif virus corona. Namun ada beberapa pasien dalam pengawasan atau PDP yang masih menunggu hasil tes swab berada di ruang isolasi.

Direktur RSMM Timika, Theresia Nina Noviriana mengatakan, RSMM sebenarnya hanya mendukung RSUD Mimika dalam menangani pasien terpapar virus corona.

"Kami hanya sebagai rumah sakit pendamping RSUD Mimika sebagai rumah sakit rujukan penanganan pasien COVID-19. Prinsipnya kami men-support pemerintah daerah," kata Theresia di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Kamis (18/6/2020).

Menurut dia, saat ini ada dua orang pasien yang menjalani perawatan intensif karena sudah dipastikan positif Covid-19. Selain itu ada beberapa PDP yang juga menjalani karantina rumah sakit sambil menunggu hasil tes swab keluar.

"Kami memang selalu melakukan skrining bila ada pasien yang dicurigai mengarah ke kasus Covid-19. Pemeriksaan yang kami lakukan bertahap sampai pengiriman spesimen swab," ujar dia.

Theresia mengatakan, kalau ruang isolasi untuk pasien Covid-19 di RSUD Mimika penuh, penanganan pasien akan dilakukan di ruang isolasi RSMM. Sudah disiapkan 32 tempat tidur, ruangan isolasi, hingga perawatan bayi yang orang tuanya berstatus pasien.

Kemudian manajemen RSMM Timika juga mewajibkan seluruh tenaga kesehatan yang bertugas mengenakan alat pelindung diri (APD). Namun yang tidak bersinggungan langsung dengan pasien hanya memakai APD level dua.

"Dari bagian depan petugas sudah memakai APD level dua. Prinsipnya daerah yang harus terlindung itu mulai dari muka atau wajah, tangan. Petugas harus disiplin dalam penggunaan APD," ujarnya.


Disadur dari iNews.id

RSMM Timika Pandemi Virus Corona Ruang Isolasi PDP


Loading...