Humor Gus Dur Berujung Pemeriksaan, 3 Putrinya Kompak Sentil Polisi

Humor Gus Dur Berujung Pemeriksaan, 3 Putrinya Kompak Sentil Polisi
Gelora.co
Editor: Malda Hot News —Kamis, 18 Juni 2020 12:55 WIB
Terasjabar.id - Pemanggilan seorang pengguna Facebook di Maluku Utara oleh pihak kepolisian, gara-gara mengunggah humor Gus Dur "3 polisi jujur", tak lepas dari perhatian anak-anak Gus Dur. Dari empat putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, tiga di antaranya kompak memberikan sentilan di media sosial.

Yang pertama, si bungsu Inayah Wulandari atau Inaya Wahid mengomentari cuitan tentang berita pemanggilan pengguna akun Mail Sula itu. Sama seperti sang ayah, Inaya Wahid juga melemparkan gurauan sebagai komentar untuk kejadian ini.

Melalui cuitan pada Rabu (17/6/2020), Inaya Wahid mengungkapkan bahwa seharusnya polisi bukan menangkap pengguna Facebook yang mengunggah humor Gus Dur "3 polisi jujur" itu, melainkan si pencetus humor, yaitu almarhum Gus Dur sendiri.

Putri Gus Dur sentil polisi yang permasalahkan humor "3 polisi jujur" - (Twitter/@inayawahid)

"Laaah yg dipanggil kok yg mengquote. Panggil yg bikin joke dong Pak," kicau @inayawahid.

Setelah si bungsu, putri sulung Gus Dur Alissa Qotrunnada atau Alissa Wahid juga menyentil pihak kepolisian dengan komentar di Twitter. Psikolog lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengunggah foto mantan Kapolri Jenderal Polisi Tirto Karnavian dan kutipan komentarnya tentang humor Gus Dur "3 polisi jujur."

Di situ tertulis bahwa sang Menteri Dalam Negeri, sebagai testimoni Haul Gus Dur Ciganjur 2019 lalu, pernah mengatakan, "Almarhum [Gus Dur sempat menyindir Polri, karena di Indonesia hanya ada 3 polisi jujur. Yang pertama, polisi tidur; keuda, patung polisi; terakhir, Polisi Hoegeng. Ucapan beliau itu menjadi cambukan bagi kami agar Polri sebagai institusi yang lebih baik."

"Pak Polisi, ada teladan nih dari pemimpin anda semua, mantan Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian, sekarang Menteri Dalam Negeri," sindir @AlissaWahid.

Putri Gus Dur sentil polisi yang permasalahkan humor "3 polisi jujur" - (Twitter/@AlissaWahid)


Terakhir, putri ketiga Gus Dur, yaitu Anita Hayatunnufus atau Anita Wahid, juga memberikan sentilan yang tak kalah jenaka. Lewat akun @AnitaWahid, ia menuliskan, "Kalo aku unggah ini, aku bakal diperiksa nggak?"

Disertakan dalam kicauan itu, terdapat gambar karikatur Gus Dur dengan cerita di balik humor "3 polisi jujur". Guyonan itu dilontarkan Gus Dur kala mengobrol santai dengan para wartawan di rumahnya di Jalan Warung Silah Ciganjur. Kritik berbumbu lelucon itu disampaikan Gus Dur ketika ditanya wartawan tentang moralitas polisi.

"Polisi yang baik itu cuma tiga: Pak Hoegeng almarhum bekas Kapolri, patung polisi, dan polisi tidur," kelakar Gus Dur.

Diketahui, Hoegeng Imam Santoso merupakan Kapolri kelima yang bertugas di masa jabatan 1968 sampai 1971. Sepanjang hidupnya ia dikenal sebagai polisi yang jujur dan sederhana dan memiliki integritas dalam memberantas korupsi.

Putri Gus Dur sentil polisi yang permasalahkan humor "3 polisi jujur" - (Twitter/@AnitaWahid)

Sebelumnya diberitakan, seorang pria bernama Ismail Ahmad, yang juga pemilik akun Mail Sula, pada Jumat (12/6/2020), mengutip humor Gus Dur "3 polisi jujur" di Facebook. Tak lama kemudian, ia diminta menghapusnya, lalu dipanggil aparat Polres Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Setelah diperiksa terkait motifnya membagikan guyonan itu di media sosial, Ismail diizinkan pulang. Ia juga sempat meminta maaf di hadapan aparat kepolisian yang memanggilnya.[sc/Gelora]

Facebook Gus Dur Abdurahman Wahid


Loading...