Zoom Menyediakan Fitur Enkripsi End-to-End Ke Semua Pengguna

Zoom Menyediakan Fitur Enkripsi End-to-End Ke Semua Pengguna
(Inet Detik : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Kamis, 18 Juni 2020 10:28 WIB

Terasjabar.id - Zoom menyediakan fitur enkripsi end-to-end untuk pengguna berbayar mereka. Kini, perusahaan konferensi video mengubah kebijakan itu dan akan menghadirkan enkripsi end-to-end untuk semua pengguna.

Zoom mendapat kecaman dari beberapa pihak selama beberapa bulan terakhir karena masalah privasi dan keamanan. Lalu, perusahaan mengumumkan akan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan dan privasi mereka.

Salah satu langkah yang diambil adalah menyediakan enkripsi end-to-end untuk pengguna. Sayangnya, Zoom hanya pelanggan berbayar saja yang dapat menikmati fitur enkripsi end-to-end tersebut, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Kamis (18/6/2020).

Tentu saja, Zoom punya alasan untuk menyediakan enkripsi end-to-end hanya bagi pengguna berbayar saja. Mereka berdalih ingin mencegah pengguna yang mungkin menggunakan layanan mereka untuk spam atau kegiatan jahat.

Kabar baiknya, perusahaan telah mengubah keputusannya tersebut. Jadi, pengguna yang bukan pelanggan berbayar dan masing ingin menggunakan Zoom juga mendapatkan enkripsi end-to-end.

"Kami juga senang berbagi kami telah mengidentifikasi jalur ke depan yang menyeimbangkan hak sah semua pengguna untuk privasi dan keamanan pengguna di platform kami. Ini akan memungkinkan kami untuk menawarkan E2EE sebagai fitur tambahan canggih untuk semua pengguna kami di seluruh dunia, gratis dan berbayar, sambil mempertahankan kemampuan mencegah dan melawan fitur penyalahgunaan di platform kami," kata Zoom.

Seperti diketahui, Zoom mendulang popularitas selama pandemi Covid-19 karena banyak orang diminta menghabiskan waktu di rumah saja. Lonjakan popularitas yang dirasakan Zoom menarik perusahaan teknologi lain untuk membuat hal yang sama.

Google dan Microsoft terus memperbarui layanan konferensi video mereka dari waktu ke waktu agar bisa bersaing dengan Zoom. Bahkan Microsoft menambahkan fitur mirip Zoom ke aplikasi meetingnya, Teams.

Disadur dari iNews.id

Zoom enkripsi end-to-end Pengguna berbayar Perusahaan Konferensi Video


Loading...