Pandemi Virus Corona, BNPB Dapat Bantuan 40.320 Alat Tes PCR

Pandemi Virus Corona, BNPB Dapat Bantuan 40.320 Alat Tes PCR
Ilustrasi (Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Juni 2020 10:07 WIB

Terasjabar.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mendapat bantuan 40.320 alat tes PCR senilai Rp10,7 miliar. Penyerahan dilakukan secara simbolis di Graha BNPB, Jakarta, pada Selasa (16/6) kemarin.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, menyambut baik donasi tersebut.

"Donasi alat tes PCR dan produk sabun cuci tangan masih terus diperlukan selama pandemi ini masih berlangsung. Untuk itu, kami sangat mengapresiasi Unilever Indonesia yang responsif dalam membantu penanganan Covid-19," ujar Doni melalui siaran pers, Rabu (17/6).

Bantuan itu diberikan oleh PT Unilever Tbk. Direktur PT Unilever Tbk, Hemant Bakshi, menyampaikan bahwa Unilever telah tumbuh bersama masyarakat Indonesia selama lebih dari 86 tahun. Karena itu, Unilever berkomitmen untuk senantiasa mendukung upaya-upaya pemerintah dalam mengatasi krisis yang terjadi.

Unilever Indonesia, menurut Hemant, mengamati terus perkembangan situasi dan kebutuhan yang mengemuka dalam penanganan Covid-19. Dari situ, Unilever Indonesia melihat bahwa kebutuhan pasokan tes PCR masih sangat dibutuhkan.

"Saat ini, kami melihat secara nasional pasokan alat tes PCR masih diperlukan dalam penanganan pandemi, karena itu kami mendatangkan alat tes tersebut ke Indonesia. Kita tahu, saat ini permintaan alat tes PCR sangat tinggi di dunia," kata Hemant.

Adapun 40.320 alat tes PCR yang didonasikan Unilever Indonesia terdiri dari antigen test kit, reagen dan alat swab dengan kontainernya. Alat tes PCR itu telah didistribusikan ke sejumlah fasilitas kesehatan, di antaranya RSUD Dr. Soetomo (Surabaya), RSUP Hasan Sadikin (Bandung), Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (Jakarta) dan Laboratorium Institut Pertanian Bogor.

Sebelumnya, Unilever Indonesia telah menyumbangkan masker N95 melalui Persatuan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi). Unilever Indonesia juga menyalurkan 200.000 sabun ke sejumlah rumah sakit di Indonesia dan 1.320 sabun ke 400 masjid di Jakarta melalui BNPB.

Disadur dari Merdeka.com 

Pandemi Virus Corona Alat Tes PCR BNPB


Loading...