Sejumlah Pasar Tradisional di Bali Menjadi Klaster Baru Penyebaran Virus Corona, Bali Libatkan TNI-Polri

Sejumlah Pasar Tradisional di Bali Menjadi Klaster Baru Penyebaran Virus Corona, Bali Libatkan TNI-Polri
(Antara News : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 17 Juni 2020 08:40 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah pasar tradisional di Bali menjadi klaster baru penyebaran virus corona (Covid-19). Untuk mencegah penyebaran makin meluas, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melibatkan TNI-Polri untuk mengawasi penerapan protokol kesehaan di pasar.

"Dengan adanya TNI-Polri dapat diambil tindakan tegas bagi masyarakat yang belum patuh terhadap protokol kesehatan," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra di Denpasar, Selasa (16/6/2020).

Dewa Indra mengatakan, Pemprov Bali telah menggelar rapat koordinasi dengan unsur TNI dan Polri yang ada di Pulau Dewata.

Pelibatan unsur TNI-Polri di pasar tradisional tersebut merupakan salah satu poin kesimpulan rapat koordinasi itu, dengan melihat tren peningkatan kasus transmisi lokal Covid-19 di Bali sejak 5 Juni lalu.
Padahal, pada pertengahan Maret sampai awal Juni, tren peningkatan kasus berasal dari kaus impor yaitu pekerja migran Indonesia atau pelaku perjalanan luar negeri (PPLN)

Dengan munculnya tren baru ini, seluruh pemangku kepentingan harus kembali merapatkan barisan dan memantik semangat. Pasalnya, jika strategi penekanan Penyebaran COVID-19 melalui PPLN bisa dilakukan melalui "screening" pintu masuk Bali, maka lain halnya dengan transmisi Lokal yang sangat sulit untuk melakukan identifikasi dan sulit untuk menerapkan strategi pasti.

"Oleh karena itu, saya mengundang seluruh komponen atau stakeholder yang langsung terlibat dalam hal ini untuk ikut memberikan sumbangan pemikiran, apa yang harus kita lakukan sebagai upaya menekan penyebaran transmisi lokal ini," ujar pria yang juga Sekretaris Daerah Pemprov Bali ini.

Melansir data yang disajikan Pemprov Bali, jumlah kasus positif Covid-19 hngga Rabu (17/6/2020) pagi berjumlah 782 orang. Dari jumlah itu, sebannyak 440 merupakan kasus transmisi lokal.


Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Bali Pasar Tradisional TNI-Polri


Loading...