Pesawat Jatuh, DPR Minta Penjelasan Panglima TNI dan Prabowo

Pesawat Jatuh, DPR Minta Penjelasan Panglima TNI dan Prabowo
Aksipost.com
Editor: Malda Hot News —Selasa, 16 Juni 2020 14:31 WIB

Terasjabar.id -- DPR RI berencana meminta penjelasan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengenai insiden pesawat Bae Hawk 209 jatuh di Riau.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan langkah itu bagian dari fungsi pengawasan yang dimiliki DPR. Mereka akan meminta penjelasan dari keduanya dalam rapat Komisi I bidang pertahanan.

"Biasanya rapat pengawasan dengan mitra-mitra Komisi I, di situ ada Panglima TNI, BIN, Kementerian Pertahanan, dan lain-lain. Mungkin di situlah forum untuk melakukan diskusi atau pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut alat-alat pertahanan," ujar Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/6).

Dasco menilai insiden pesawat jatuh itu disebabkan oleh usia alutsista TNI yang sudah tua. DPR akan meminta pertanggungjawaban pemerintah terkait perawatan dan peremajaan alat pertahanan negara.

Meski begitu, Dasco meyakini pemerintah telah memberi perhatian lebih terhadap alutsista. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu mengapresiasi kinerja Menhan yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Saya yakin dan percaya bahwa misi memperkuat pertahanan Indonesia, termasuk memperkuat alat-alat pertahanan itu juga jadi konsentrasi yang utama," kata Dasco.

Terpisah, anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PPP Syaifullah Tamliha menyesalkan insiden pesawat Bae Hawk 209. Dia meminta Kemenhan serius melakukan perawatan terhadap kendaraan tempur milik TNI.

"Kita tidak ingin peristiwa jatuhnya pesawat atau helikopter kembali terjadi karena tidak hanya menimbulkan kerugian materiil, namun juga meninggalnya para perwira TNI yang terlatih," kata Syaifullah lewat keterangan tertulis, Selasa (16/6).

Pesawat Bae Hawk 209 milik TNI AU jatuh di permukiman warga di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin (15/6).

Pilot Lettu Pnb Apriyanto Ismail selamat usai berhasil lolos menggunakan kursi lontar. Dia saat ini dirawat di RSAU drm Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru. (dhf/wis/CNN)

Prabowo Pesawat Bae Hawk Riau


Loading...