Prabowo Temui Luhut Dua Jam, Disebut Cuma Makan Malam

Prabowo Temui Luhut Dua Jam, Disebut Cuma Makan Malam
Antara Foto
Editor: Malda Hot News —Selasa, 16 Juni 2020 14:01 WIB

Terasjabar.id -- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambangi Kantor Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (15/6) malam. Pihak Prabowo menutup rapat mengenai materi pertemuan.

Pertemuan keduanya berlangsung tertutup di lantai atas gedung yang berada di kawasan MH Thamrin, tempat ruangan Luhut berada. Prabowo disebut bertemu Luhut selama kurang lebih dua jam.

"Makan malam saja," kata Staf Khusus Prabowo Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak kepada CNNIndonesia.com, Selasa (16/6).

Dahnil mengatakan pertemuan itu merupakan ajang silaturahmi Prabowo dengan Luhut.

Saat ditanya apakah pertemuan ini juga membahas soal alat utama sistem persenjataan (alutsista), Dahnil tak menjawab. Dahnil menyebut tak ada pernyataan apapun dari Prabowo mengenai pertemuan dengan Menko bidang Investasi itu.

"Enggak ada statemen dari Bapak (Prabowo)," kata Dahnil.

Sejak menjadi menteri kabinet Joko Widodo, bukan sekali ini Prabowo menyambangi kantor Luhut. Pada November 2019 lalu, Prabowo juga sempat menyambangi kantor Luhut.

Kala itu Prabowo mengaku banyak meminta saran kepada Luhut. Sebab mantan Komandan Kodiklat TNI AD itu merupakan seniornya sekaligus Menko di bidang kemaritiman.

"Beliau senior saya, beliau Menko di bidang maritim ya saya tentunya minta saran, minta pemikiran beliau," kata Prabowo kala itu.

Sementara itu, diketahui isu alutsista tengah menjadi perbincangan di sejumlah tingkatan elite usai insiden jatuhnya pesawat Bae Hawk 209 jatuh di Riau.

DPR RI bahkan telah mengagendakan pertemuan untuk meminta penjelasan ke Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Prabowo Subianto terkait insiden tersebut.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan langkah itu akan dilakukan sebagai bagian dari fungsi pengawasan yang dimiliki DPR. Mereka akan meminta penjelasan tersebut dalam rapat Komisi I yang mengurusi bidang pertahanan.

"Biasanya rapat pengawasan dengan mitra-mitra Komisi I, di situ ada Panglima TNI, BIN, Kementerian Pertahanan, dan lain-lain. Mungkin di situlah forum untuk melakukan diskusi atau pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut alat-alat pertahanan," ujar Dasco saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/6).

Dasco menilai insiden pesawat jatuh itu disebabkan oleh usia alutsista TNI yang sudah tua. DPR akan meminta pertanggungjawaban pemerintah terkait perawatan dan peremajaan alat pertahanan negara. (tst/ain/CNN)

Luhut Menhan Prabowo Kemaritiman


Loading...