Rumah Rusak Akibat Pesawat TNI Jatuh di Riau Mulai Diperbaiki

Rumah Rusak Akibat Pesawat TNI Jatuh di Riau Mulai Diperbaiki
CNN Indonesia
Editor: Malda Hot News —Selasa, 16 Juni 2020 13:33 WIB

Terasjabar.id -- Prajurit TNI Angkatan Udara (TNI AU) mulai memperbaiki salah satu rumah warga yang rusak akibat insiden jatuhnya pesawat tempur BAE Hawk 209 TT di perumahan Mutiara Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kabupaten Kampar, Riau.

Dilansir dari Antara, salah satu rumah yang mulai diperbaiki, Selasa (16/6) pagi, adalah milik Lina. Rumah Lina menjadi salah satu dari tiga rumah yang rusak akibat pesawat nahas tersebut.
Rumah Lina hanya mengalami kerusakan minor akibat tertimpa kursi pelontar pilot. Rumah itu berada sekitar 500 meter dari lokasi jatuhnya pesawat.

Sementara, rumah yang tertimpa langsung pesawat tempur berusia 30 tahun mengalami kerusakan parah dan hingga kini belum terlihat dilakukan perbaikan.

Lokasi jatuhnya pesawat masih dijaga ketat aparat TNI. Bangkai pesawat pun masih dibungkus terpal biru. Petugas juga memperluas jarak aman dengan memasang garis polisi di sekitar lokasi.

Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letnan Kolonel Zukri mengatakan TNI AU akan bertanggungjawab serta mengganti kerusakan rumah warga akibat insiden pesawat jatuh tersebut.

"Jelas kami akan ganti kerugian," ujarnya.

Sebelumnya pesawat tempur TNI AU jatuh usai melaksanakan latihan tempur di Siabu, Kampar, pada Senin sekitar pukul 08.00 WIB.

Pesawat jatuh saat akan mendarat dengan ketinggian 500 kaki dan 2 kilometer dari ujung landasan. Tak ada korban jiwa dalam insiden itu. Pilot berhasil keluar dari badan pesawat dengan menggunakan kursi pelontar.

TNI AU tengah melakukan investigasi akibat insiden tersebut. Investigasi akan berlangsung dua pekan. Pilot pesawat Lettu Pnb Apriyanto Ismail kondisinya mulai membaik.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan dugaan awal pesawat itu kehilangan daya mesin sesaat sebelum jatuh. (Antara/fra/CNN)

TNI Prajurit BAE Hawk Kampar Riau


Loading...