Cara Unik dan Langka di Pelayanan Imunisasi Puskesmas Kendal, Warga Kendal Bayar Pakai Sampah untuk Imunisasi Anak di Puskesmas ??

Cara Unik dan Langka di Pelayanan Imunisasi Puskesmas Kendal, Warga Kendal Bayar Pakai Sampah untuk Imunisasi Anak di Puskesmas ??
(iNews/Eddie Prayitno : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 15 Juni 2020 11:49 WIB

Terasjabar.id - Ada cara unik dan langka di pelayanan imunisasi Puskesmas Kendal, Jawa Tengah. Warga yang hendak mengimunisasi bayinya cukup membayar dengan botol plastik atau kardus tidak mempunyai kartu jaminan kesehatan.

ibu-ibu di Kendal ini membawa botol bekas dan kardus bekas sambil mengendong bayinya. Mereka rela antre di Puskesmas Kendal II di Kelurahan Karangsari, Kota Kendal untuk layanan imunisasi.

Sampah plastik dan kertas yang dibawa bukan untuk dibuang. Sampah itu berikan sebagai pengganti biaya imunisasi.

Salah satu warga mengaku membayar imunisasi dengan sampah sangat membantu. Selain hemat, hal itu juga membantu mengurangi sampah plastik dan kertas.

"Pokoknya gratis, bawa sampah plastik saja. Saya suka bawanya botol bekas bedak bayi," ucap warga Imronah, Senin (15/6/2020).

Kepala Puskesmas Kendal II Sri Sahadatin mengatakan program imunisasi bayar sampah sudah hampir enam bulan dilaksanakan. Berawal dari kebiasaan pegawai puskesmas yang ingin mendukung program bank sampah/ hal tersebut dicoba diberlakukan kepada warga.

"Untuk mendapatkan pelayanan imunisasi, kami minta masyarakat untuk membawa sampah yang ditentukan," ucap Sri Sahadatin.

Kriteria sampah yang diterima puskesmas
Kriteria sampah yang diterima puskesmas

Kriterianya sampah yang bisa diterima yakani, buku atau koran 10 buah, kardus tiga buah dan enam botol plastik. Puskesmas tidak mewajibkan warga yang hendak mengimunisasi anaknya membayar dengan sampah.

Bagi pemilik jaminan kesehatan sudah otomatis akan mendapatkan pelayanan gratis. Jika tidak bisa mengeluarkan biaya pengganti sebesar Rp15.000 saja.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Pelayanan Imunisasi Puskesmas Kendal Jawa Tengah


Loading...