Menerapkan Fase New Normal Atau AKB, Jumlah Pengunjung Objek Wisata di Kabupaten Sumedang Mulai Merangkak Naik

Menerapkan Fase New Normal Atau AKB, Jumlah Pengunjung Objek Wisata di Kabupaten Sumedang Mulai Merangkak Naik
(fasko dehotman/tribunjabar : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 14 Juni 2020 12:41 WIB

Terasjabar.id - Pengunjung objek wisata di Kabupaten Sumedang saat ini jumlahnya mulai merangkak naik setelah beberapa hari dibuka pada menerapkan fase new normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Obyek wisata di Kabupaten Sumedang ini telah dibuka sejak 9 Juni 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, pembatasan jumlah pengunjung dan pembatasan jam operasional.

Selama obyek wisata di Sumedang beroperasi, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang bersama Satgas Covid-19 juga melakukan pemantauan.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Sumedang, Hari Trisantosa mengatakan, setelah objek wisata di Sumedang beberapa hari dibuka, jumlah pengunjung mulai bergerak naik, tetapi belum seramai dulu atau sebelum pandemi Covid-19.

"Terutama pada weekend atau pada hari Sabtu dan Minggu, jumlah pengunjung obyek wisata di kita mulai bergerak naik," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Minggu (14/6/2020).

Hari menyebutkan, jumlah pengunjung ke setiap obyek wisata di Kabupaten Sumedang saat ini rata-rata sudah mencapai 30 hingga 40 persen per hari, tetapi ada beberapa obyek wisata yang mencapai 50 persen.

Jumlah itu disebut tergolong tinggi karena jumlah pengunjung obyek wisata dibatasi 50 persen. Artinya, pengelola dilarang menerima pengunjung hingga kapasitasnya penuh atau mencapai 100 persen.

"Memang pengunjung belum seramai dulu, tapi (jumlahnya) sudah mulai ada pergerakan. Kita terus pantau, terutama terkait penerapan protokol kesehatan yang wajib dilakukan," ucap Hari.

Faktor yang mempengaruhi adanya kenaikan jumlah pengunjung ini karena selama pandemi Covid-19, masyarakat hanya berdiam diri di rumah, sehingga saat obyek wisata dibuka mereka langsung menikmati liburan.

"Objek wisata dibuka sejak 9 Juni, pengunjung setiap harinya sedikit demi sedikit bertambah," katanya.



Disadur dari Tribunjabar.id

Pandemi Virus Corona Objek Wisata kabupaten Sumedang AKB New Normal


Loading...