Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga, Gunung Lalang di Desa Harapan Mulia Kalimantan Barat Akan Dijadikan Tempat Wisata Alam dan Sejarah

Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga, Gunung Lalang di Desa Harapan Mulia Kalimantan Barat Akan Dijadikan Tempat Wisata Alam dan Sejarah
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 14 Juni 2020 12:20 WIB

Terasjabar.id - Gunung Lalang di Desa Harapan Mulia, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalimantan Barat (Kalbar) akan dijadikan tempat wisata alam dan sejarah. Namanya akan diganti menjadi Bukit Bunga.

Bupati Kabupaten Kayong Utara (KKU), Citra Duani mengatakan, jika dilihat dari bawah atau jalan, maka lokasi ini akan terlihat warna warni bunga yang indah. Nantinya tempat wisata tersebut akan dikelola oleh pihak desa.

"Dengan menjadi wisata sejarah, diharapkan dapat terungkap cerita dan misteri Gunung Lalang yang belum terpecahkan. Kami akan berupaya mendatangkan sejarawan serta arkeolog ke Kayong Utara," katanya, Minggu (14/6/2020).

Dia menambahkan, tempat wisata ini akan dikemas dan dikerjasamakan dengan Yayasan ASRI serta OPD terkait. Selanjutnya, akan dilakukan penanaman kembali berupa tanaman keras supaya gunung tersebut tidak gundul dan diselingi berbagai jenis tanaman bunga.

"Kita menginginkan agar bukit yang memiliki sejarah dan lebih dari 300 makam orang Tionghoa tersebut untuk dijadikan wisata religius dan wisata alam," katanya.

Bupati KKU berpesan kepada masyarakat sekitar supaya kegiatan gotong-royong ini dilakukan secara rutin. Sehingga terjaga dan tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Saya berpesan supaya kegiatan gotong-royong ini harus tetap dilakukan secara rutin minimal sebulan sekali. Saya juga menginginkan, desa bekerja sama dengan Yayasan Dasa Marga Tionghoa supaya bisa bersinergi agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di daerah ini," katanya.

Bupati KKU yang ikut gotong-royong di kawasan Gunung Lala beserta masyarakat juga melakukan ziarah ke makam Sidang Panape yang tak jauh berada di Batu Balai Gunung Lalang.

Kegiatan gotong royong tersebut juga dihadiri oleh Camat Sukadana, Danramil Sukadana, Kepala Desa Harapan Mulia beserta Perangkat serta pihak Yayasan Dasa Marga Tionghoa, Kecamatan Simpang Hilir.

"Semoga dengan ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar," katanya.

Disadur dari Tribunjabar.id

Pandemi Virus Corona Gunung Lalang Desa Harapan Mulia Kalimantan Barat Tempat Wisata Alam dan Sejarah


Loading...