Advertisement

Daging Ikan Salmon Biasa Ditemukan di Masakan - Masakan Jepang, 3 Cara Masak Salmon yang Mudah Dibuat di Rumah

Daging Ikan Salmon Biasa Ditemukan di Masakan - Masakan Jepang, 3 Cara Masak Salmon yang Mudah Dibuat di Rumah
Ilustrasi (Lifestyle Okezone : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Jumat, 12 Juni 2020 10:48 WIB

Terasjabar.id - Daging ikan salmon biasa ditemukan di masakan-masakan Jepang seperti sushi, sashimi, ochazuke, udon noodles, teriyaki, dan masih banyak lagi. Salmon, mengandung vitamin dan mineral penting, di antaranya asam lemak omega-3, kalium, selenium, dan vitamin B12.

Asam lemak omega-3 ini merupakan asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexanoic acid).

Dengan kandungan tersebut, salmon memberikan manfaat kesehatan. Salah satunya, menjaga kesehatan jantung, menunjang perkembangan otak, baik untuk kulit dan rambut, serta mengatasi depresi.

Agar manfaatnya tidak hilang, berikut tiga cara memasak ikan salmon, seperti dilansir dari Delish, Jumat (12/6/2020).


Dipanggang

Salmon panggang adalah salah satu teknik termudah dan paling mudah dilakukan. Caranya, panaskan pemanggang Anda dengan suhu tinggi dan letakkan rak oven di sepertiga bagian atas, sehingga salmon akan berjarak sekitar 5 inci dari api atau panas. Letakkan daging salmon filet Anda di atas kertas aluminium atau loyang yang dilapisi perkamen.

Kemudian, bumbui dengan garam, merica, dan bumbu lain yang Anda suka. Panggang 5 hingga 8 menit. Untuk memastikan salmon sudah matang, periksa dengan menekan ujungnya pakai garpu.

Digoreng

Cara kedua adalah dengan menggunakan metode pan fry atau menggoreng. Ini juga cara yang mudah, apalagi jika Anda tidak memiliki atau malas menggunakan oven. Pertama-tama, siapkan wajan antilengket atau besi di atas api, tuangkan mentega, minyak sayur atau zaitun (sesuai pilihan Anda), dan tunggu sampai panas.

Jika wajan sudah panas, masukkan ikan salmon dan masak sampai daging agak kering serta mudah dibalik dengan spatula. Setelah membalik, biarkan kulit ikan berubah warna menjadi kecokelatan dan tampak renyah.

Merebus

Ingin cara yang lebih sehat tanpa lemak? Anda bisa merebus dan menjadikan menu tumis salmon, sup ikan salmon, bahkan tom yum. Langkah-langkahnya cukup mudah.

Pertama, bumbui daging salmon di kedua sisi, masukkan air ke dalam panci, tunggu sampai panas atau mendidih. Lalu, masukkan daging ikan, tutup panci dan biarkan sampai 10 menit.

Selamat mencoba!

Disadur dari iNews.id

Dukung Ikan Salmon Masakan Jepang Cara Memasak


Related Post



Loading...