PlayStation 5 Akhirnya Resmi Diperkenalkan Hari ini, Berikut Wujud dan Spesifikasi

PlayStation 5 Akhirnya Resmi Diperkenalkan Hari ini, Berikut Wujud dan Spesifikasi
(Indosport : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 12 Juni 2020 08:13 WIB

Terasjabar.id -- PS5 (PlayStation 5) akhirnya resmi diperkenalkan hari ini Jumat (12/6). Konsol gim PS5 ini berdiri secara vertikal seperti Xbox Series X.

PS5 memiliki dua varian perangkat yaitu 4K Blu-ray dan Digital Edition. Varian 4K Blu-ray tampak jauh lebih tipis dibanding satu varian lainnya sebab perusahaan tidak menyematkan drive (hard disk).

Karena tidak didukung oleh drive, maka varian Digital Edition dibanderol lebih murah namun Sony belum mengungkap harga perangkat varian ini selama siaran langsungnya, seperti dikutip The Verge. Selain itu, harga dan tanggal rilis PS5 versi 4K Blu-ray juga tidak disebutkan.


Selain itu, perusahaan teknologi yang berbasis di Jepang ini juga membuat beberapa aksesori khusus untuk PS5 seperti DualSense, kamera dengan resolusi HD, headset nirkabel Pulse 3D, dan sebuah remote.

Menyoal salah satu aksesori PS5 yakni DualSense, seperti pengontrol DualShock, D-pad dan tombol akan tetap berada di bagian atas pengontrol, sementara dua stik analognya ada di bagian bawah.

DualSense juga disematkan touchpad yang dipasang di tengah dan bilah lampu yang didesain ulang, dan berada di setiap sisi touchpad.

Beralih ke dapur pacu, PS5 ditenagai CPU AMD Zen 2 core delapan dan GPU AMD RDNA 2. Sebelumnya, pada bulan Maret 2020 lalu, Sony sempat mengumumkan bahwa mereka akan menyematkan cip AMD khusus dengan daya 10,28 teraflops menggunakan frekuensi variabel pada CPU dan GPU.

Sony juga menggunakan solusi SSD eksklusif untuk meningkatkan waktu pemuatan gim. SSD akan menyediakan penyimpanan 852GB dan kinerja sampai 5,5GB. Perusahaan mengharuskan semua gim dipasang ke SSD internal agar cepat terbaca langsung oleh sistem.Salah satu pengembang gim yakni Epic Games baru-baru ini menunjukkan demonstrasi teknologi Unreal 5 yang berjalan cukup mengesankan saat dipasang di PS5, mereka memamerkan pemuatan gim hingga resolusi 8K dan efek pencahayaan yang dinamis.

Tak hanya mendukung resolusi 8K, PS5 juga mendukung grafik 4K pada kecepatan refresh 120Hz dan audio 3D.

PS5 kata Sony akan didukung lebih dari 4.000 judul, termasuk jajaran gim yang ada di PlayStation 4.

"Kami mengharapkan judul yang kompatibel akan berjalan pada frekuensi yang ditingkatkan pada PS5 sehingga mereka dapat memperoleh manfaat dari frame rate yang lebih tinggi, stabil, dan resolusi tinggi," ujar Sony.

Sony mengungkapkan beberapa gim PS5 akan bermunculan mulai tahun ini sampai 2021, seperti dilansir CNBC. 


Disadur dari CNN Indonesia

sony ps5 playstation 5 Konsol Gim


Loading...