Uniknya Cara Petugas Rayu Penderita ODGJ di Panti Sosial Agar Mau Rapid Test, Ini Lho Caranya

Uniknya Cara Petugas Rayu Penderita ODGJ di Panti Sosial Agar Mau Rapid Test, Ini Lho Caranya
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Rabu, 10 Juni 2020 12:50 WIB

Terasjabar.id - Terdapat hal menarik saat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Panti Sosial Rehabilitasi Mental Aura Welas Asih di Jalan Pelita - Cipatuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat jalani rapid test virus corona, Selasa (9/6/2020).

Pengelola Panti Sosial Rehabilitasi Mental Aura Welas Asih, Deni Solang mengatakan, para ODGJ yang akan menjalani rapid test susah diatur.

Mereka ketakutan ketika melihat tenaga medis yang akan melakukan rapid test menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

"Ada yang takut karena curiga mau diambil darahnya, makanya saat di rapid itu didampingi empat orang petugas," ujar Deni saat dihubungi Tribunjabar.id, Rabu (10/6/2020).

Ia menyebutkan, agar para ODGJ mau ditest, petugas panti harus bekerja ektra keras, karena para ODGJ sangat sulit saat akan jalani rapid test.

Mereka (petugas panti) terus berusaha merayu para ODGJ agar mau jalani rapid test.

Uniknya, saat para petugas merayu ODGJ akan dibelikan rokok atau kue, ODGJ tersebut luluh dan mau menjalani rapid test.

"Tangannya gak dikasih (untuk sample darah), harus dirayu dan dijanjikan dulu sesuatu baru mau tangannya dikasih untuk diambil sampel darah."

"Dijanjikan setelah diambil samplenya akan dibelikan rokok atau kue, seperti anak kecil semua pasien saat di rapid," kata Deni menceritakan kelucuan saat ODGJ jalani rapid test.* (M Rizal Jalaludin)

(Tribunjabar.id)

Virus Corona ODGJ Tes


Loading...