Hari Media Sosial Nasional Jatuh Pada Hari ini, Kapolri Ingatkan Jejak Digital Sulit Dihapus

Hari Media Sosial Nasional Jatuh Pada Hari ini, Kapolri Ingatkan Jejak Digital Sulit Dihapus
(Bisnis.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 10 Juni 2020 09:58 WIB

Terasjabar.id - Kapolri Jenderal Idham Azis meminta masyarakat dapat bijak dalam bersosial media. Di Hari Media Sosial Nasional yang jatuh pada hari ini, Rabu (10/6), mantan Kabareskrim Polri itu mengingatkan adanya jejak digital yang tidak selalu mudah dihilangkan.

"Medsos sangat berperan penting untuk media komunikasi dan informasi di era globalisasi ini. Tetapi ingat di sana ada jejak digital yang sulit dihapus sehingga kita harus bijak menggunakannya," tutur Idham dalam keterangannya.

Menurut Idham, medsos saat ini memudahkan jutaan orang di Indonesia untuk saling bertukar informasi, gambar, atau pun pemikiran, dengan cepat dan tanpa hambatan. Perilaku bersosial media juga sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE.

"Banyak contoh kasus bagaimana orang tidak bijak bermedia sosial sehingga terjerat UU ITE. Karena itu masyarakat harus bijak dalam menggunakan medsos jangan sampai ada yang dirugikan," jelas dia.


Unggah Konten Positif

Idham berharap, masyarakat dapat mengunggah berbagai konten positif. Baik itu karya seni, juga hal yang inspiratif, kreatif, dan edukatif.

"Bukan malah hasutan, ujaran kebencian, kabar bohong atau hoaks, dan hal negatif lainnya. Hoaks bukan hanya sekadar berita bohong, tapi juga mampu mengubah cara berpikir seseorang menjadi buruk. Sampaikan informasi dengan benar dan bertanggung jawab, serta memenuhi kaidah etika dan norma," Idham menandaskan.


Sumber: Liputan6.com

Disadur dari Merdeka.com 

Hari Media Sosial Nasional Kapolri Jenderal Idham Azis Konten Positif


Loading...