Banjir Bandang di Cimaja Sukabumi Terjadi Setiap Tahun, Warga: Tahun Ini Paling Parah

Banjir Bandang di Cimaja Sukabumi Terjadi Setiap Tahun, Warga: Tahun Ini Paling Parah
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Selasa, 9 Juni 2020 14:38 WIB

Terasjabar.id - Banjir bandang menerjang puluhan hektare sawah warga di Kampung Margaluyu, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (8/6/2020) lalu.

Banjir bandangernyata sudah sering terjadi setiap tahunnya.

Menurut seorang warga Iyus (53), banjir bandang di lokasi tersebut sudah sering terjadi dari sejak ia kecil.

"Ini sebenarnya sering terjadi banjir setiap tahunnya, biasanya banjir itu mendekati musim kemarau," ujar Iyus.

Iyus mengatakan, banjir kali ini menjadi banjir terparah, karena hampir semua persawahan warga dan perkebunan pisang yang ada di sekitar sungai Cihaur terendam banjir.

Banjir mencapai kejauhan dengan radius sekitar 50 meter lebih dari Sungai Cihaur.

"Tahun ini paling parah, biasanya enggak sampai begini, banjir itu paling dua sampai tiga petak sawah sedikit terendam, tapi sekarang semua terendam habis," ucapnya.

"Ini karena kondisi sungai sudah semakin dangkal, sementara kan aliran sungai itu berbelok-belok, ditambah dangkal, kalau sedang tidak hujan itu airnya kecil, karena air dari hulu besar dan aliran sungai yang berbelok-belok, serta terjadi pendangkalan mengakibatkan sungai tidak bisa menampung air lagi sehingga terjadi banjir sangat besar," timpal warga lain, Ugan Suganda (52).

Kepala Desa Cimaja Raden Wahyu Cakraningrat, pihaknya telah meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, untuk segera melakukan normalisasi sungai agar tidak terjadi hal serupa.

(Tribunjabar.id)

Sawah Kabupaten Sukabumi Jabar


Loading...