Disinfektan Ternyata Berbahaya bagi Pengidap Asma, Ini Penjelasannya

Disinfektan Ternyata Berbahaya bagi Pengidap Asma, Ini Penjelasannya
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Health —Selasa, 9 Juni 2020 12:40 WIB

Terasjabar.id -- Sejak virus corona (covid-19) menghebohkan dunia, disinfektan menjadi sangat penting dan banyak juga yang mencoba membuatnya sendiri di rumah karena susah ditemui.

Sempat heboh juga disinfektan yang ada di pintu-pintu komplek perumahan maupun gedung-gedung tertentu yang disemprotkan sebelun masuk komplek dan gedung.

Dokter spesialis paru RS Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr. Erlina Burhan, Sp.P(K) menjelaskan yang perlu diingat saat penggunaan disinfektan adalah jangan mengenai kulit dan wajah.

Bagi yang memiliki masalah alergi kulit terutama yang memiliki asma harus berhati-hati karena berisiko menimbulkan kekambuhan karena bahan-bahan kimia pada disinfektan.

"Disinfektan ada berbagai macam kandungan kalau kulit alergi jadi masalah kalau disemprotkam ke wajah, kalau asma kalau menghirup zat tertentu akan jadi alergi," ungkap dr. Erlina saat live bersama Radio Kesehatan, Selasa (9/6/2020).

Kalau mau menyemprotkan disinfektan dr. Erlina menyarankan ke benda-benda yang dibawa saja, yang berisiko menempel virus covid-19.

"Misalnya mau ke gedung membawa barang-barang tertentu itu disemprot disinfektan dulu boleh lah, kalau ada virus dipermukaan benda disemprot disinfektan itu akan mati," kata dr. Erlina.

Hindari juga pemyemprotan disinfektan ke plastik atau wadah yang berisi makanan yang langsung di makan karena takutnya menempel pada makanan dan tertelan.

"Kalau beli makanan berbungkus bungkus luarnya saja jangan kena masakan yang langsung dimakan, kalau kaya susu atau sirup di kalemg itu gak usah disemprot disinfektan, cukup dilap saja," pungkas dr. Erlina.

Persiapan New Normal

Sementara itu, dr. Erlina Burhan, Sp.P(K) pun mengingatkan kebiasaan sehat menjelang new normal.

Saat ini sebagian masyarakat ada yang masih bersiap menjalankan aktivitas di luar rumah saat pandemi virus corona (covid-19).

Tapi ada juga yang sudah aktif kembali beraktivitas di luar rumah.

Beraktivitas di luar rumah saat pandemi covid-19 ini tentunya harus memulai kebiasaan baru.

Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak memakai alat makan sendiri , jadi pola kenormalan baru agar tetap terhindari dari covid-19.

Perilaku baru tersebut sangat diperlukan karena covid-19 ditularkan dari orang yang sakit ke orang yang sehat.

Pertama penularan covid-19 yang paling cepat adalah melalui droplet atau partikel kecil ludah yang keluar saat bersin, batuk, maupun berbicara kencang yang membuat droplet keluar dan terhirup oleh yang sehat.

"Kalau seseorag menderita covid-19 kalau batuk, bersin, bicara kencang hingga mengeluarkan droplet itu sangat mudah menularkan," kata Erlina saat live bersama Radio Kesehatan, Selasa (9/6/2020).

Penularan kedua bisa secara tidak langsung yakni melalui tangan, anggota tubuh yang bisa memegang benda apa saja tanpa diketahui kebersihannya.

Kalau di benda tersebut ada droplet yang jatuh dari orang yang terjangkit covid-19 lalu tangan tidak dicuci dan memegang bagian mata, hidung, dan mulut sangat mudah masuk ke saluran pernapasan.

"Penularan yang bisa tu lewat tangan memegang benda yang ada droplet itu lalu bisa tercemar, belakangan ini sering tangannya pegang muka lalu virus masuk ke dalam saluran napas. Metode itulah yang mendasari untuk pencegahannya," ungkap Erlina.

Saat terjangkit imunitas tubuh sangat mempengaruhi, kalau imunitas tubuh bagus bisa saja terjangkit covid-19 tapi dengan gejala yang ringan, bahkan tidak ada gejala.

Kemudian kalau imunitas tubuh sulit melawan maka muncul gejala batuk, pilek, tiba-tiba hilang indra penciuman dan sulit merasakan makanan atau minuman hingga hingga sesak napas.

(Tribunjabar.id)


Virus Corona Disinfektan Asma


Loading...