Kasus Pasien Positif Virus Corona di Temanggung Bertambah Sembilan Orang, Satu di Antaranya Memiliki Riwayat Perjalanan dari Amerika Serikat

Kasus Pasien Positif Virus Corona di Temanggung Bertambah Sembilan Orang, Satu di Antaranya Memiliki Riwayat Perjalanan dari Amerika Serikat
(iNews/Didik Dono Hartono : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 8 Juni 2020 14:16 WIB

Terasjabar.id - Kasus pasien positif Covid-19 di Temanggung, Jawa Tengah bertambah sembilan orang, pada Senin (8/6/2020). Satu di antara pasien Covid-19 memiliki riwayat perjalanan dari Amerika Serikat.

Juru bicara gugus tugas Covid-19 Temanggung, Gotri wijianto mengatakan, dari 6.000 warga yang dites saat Lebaran, 568 orang di antaranya reaktif. Kemudian, sebanyak 95 sampel sudah keluar hasil tes swabnya, sebanyak sembilan orang terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara sebanyak 473 sampel yang reaktif rapid test masih belum keluar.

Penambahan rincian sembilan kasus ini terjadi di Kecamatan Bejen 1 orang, Kecamatan Bansari 2 orang dan Kecamatan Wonoboyo 6 orang. Secara keseluruhan 4 di antaranya merupakan klaster pasar, sedangkan 2 orang sisanya dari transmisi luar yakni pemudik dari Jakarta dan warga yang pulang dari Amerika Serikat.

"Jadi ada dua orang yang merupakan transmisi luar. Itu satu dari Jakarta,
dan satu orang dari Amerika," katanya, Senin (8/6/2020).

Sembilan orang positif Covid-19 tersebut langsung dijemput petugas dan menjalani perawatan medis di RSUD Temanggung. Gotri menegaskan, sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat untuk melakukan tracking dan rapid test terhadap orang yang kontak erat.

"Kami sudah koordinasi dengan dinas kesehatan, tracing bisa dari pengemul barang ataupun dari pembeli atau sales. Kemungkinannya banyak sekali, tapi kami akan segera tindak lanjuti," ujar Gotri.

Sampai saat ini, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Temanggung mencapai 64 kasus. Sebanyak 32 orang masih menjalani perawatan, 31 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia,

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Temanggung Amerika Serikat


Loading...