Waspada, Rob Masih Berpotensi Terjadi di Pesisir Utara Jawa Hingga 7 Hari Mendatang

Waspada, Rob Masih Berpotensi Terjadi di Pesisir Utara Jawa Hingga 7 Hari Mendatang
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Senin, 8 Juni 2020 13:43 WIB

Terasjabar.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi rob pada periode ini mulai menurun sejak tanggal 6 Juni 2020.

Namun tetap perlu diwaspadai adanya banjir rob di sepanjang bulan Juni 2020 ini, karena secara klimatologis kondisi tinggi muka air laut di pesisir Pulau Jawa pada bulan Mei-Juni sedang mengalami anomali positif atau berada di atas rata-rata normalnya.

Dikutip dari keterangan resmi BMKG, Senin (8/6/2020) disebutkan, apabila dalam waktu bersamaan terjadi peningkatan intensitas curah hujan, gelombang tinggi (lebih dari 2,5 m), dan periode pasang maksimum (pasang harian/ pasang bulan baru atau purnama), dapat memicu terjadinya rob terutama di pesisir yang berelevasi rendah di pantai utara Jawa seperti Perairan utara Jakarta, Pekalongan, Semarang, Demak, hingga beberapa wilayah di pantai utara Jawa Timur.

Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG melalui :
- Call center 021-6546315/18
- http://peta-maritim.bmkg.go.id
- Follow twitter dan Instagram @infoBMKG
- atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

(Tribunjabar.id)


Rob Banjir bandung BMKG


Loading...