Umat Muslim di Kabupaten Giwa Sudah Diizinkan Kembali Beribadah Salat Berjamaah di Masjid, Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan

Umat Muslim di Kabupaten Giwa Sudah Diizinkan Kembali Beribadah Salat Berjamaah di Masjid, Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 8 Juni 2020 11:28 WIB

Terasjabar.id - Umat Muslim di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), sudah diizinkan kembali beribadah salat berjemaah di masjid. Syaratnya tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Masjid Agung Syekh Yusuf yang merupakan masjid raya di daerah tersebut pun turut menerapkan batasan khusus, di antaranya jumlah jemaah. Masjid besar yang dapat menampung 2.000-an orang ini hanya menerima maksimal 500-an orang orang jemaah.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol mengatakan, aturan baru ini sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan sesuai surat edaran Kementerian Agama, terkait panduan pelaksanaan ibadah di rumah ibadah.

"Di dalam masjid, jarak setiap jamaah diatur kurang lebih satu setengah meter. Sehingga dengan jarak ini daya tampung masjid hanya bisa menampung kurang lebih 500 jamaah saja," kata Syamsuddin di Kabupaten Gowa, Sulsel, Senin (8/6/2020).

Protokol kesehatan lainnya, kata dia, mewajibkan jemaah menggunakan masker. Bila tidak, mereka dilarang ikut salat berjemaah. Kemudian ada pemeriksaan suhu oleh pengurus masjid kepada warga yang masuk.

"Jamaah harus kondisi sehat, inilah yang menjadi syarat bagi jamaah untuk ke masjid. Karena jamaah yang tidak sehat ini, di samping membahayakan jamaah lainnya, juga membahayakan dirinya sendiri," ujar dia.

Tak hanya itu, sebelum masuk masjid, jamaah juga diwajibkan wudu dan cuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan, serta membawa perlengkapan salat sendiri.

Syamsuddin menambahkan setiap selesai salat, masjid akan dibersihkan, kemudian disemprot disinfektan setiap hari agar steril. Penerapan protokol kesehatan ini juga diminta agar diimplementasikan di seluruh masjid yang ada di Kabupaten Gowa.

"Masjid Agung Syekh Yusuf ini menjadi cermin pelaksanaan di masjid-masjid lainnya," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Umat Muslim Kabupaten Giwa Salat Berjamaah


Loading...