Seorang Ibu di Kota Yogyakarta yang Terkonfirmasi Positif Virus Corona Melahirkan Bayi Perempuan Sehat

Seorang Ibu di Kota Yogyakarta yang Terkonfirmasi Positif Virus Corona Melahirkan Bayi Perempuan Sehat
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 7 Juni 2020 12:32 WIB

Terasjabar.id - Seorang ibu berusia 29 tahun yang terkonfirmasi positif virus corona di Kota Yogyakarta, DIY, melahirkan bayi perempuan sehat. Namun belum dipastikan pasien tidak menularkan Covid-19 ke anaknya.

"Kondisi bayi sehat, tapi belum diuji laboratorium," kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta, Berty Murtiningsih, dalam keterangan yang diterima di Kota Yogyakarta, DIY, Sabtu (6/6/2020) kemarin.

Menurut dia, ibu melahirkan tersebut merupakan pemudik dari Jakarta. Dia masuk ke rumah sakit pada 2 Juni lalu. Namun karena punya riwayat perjalanan dari zona merah, langsung menjalani tes swab.

"Datang akan melahirkan, karena riwayat dari Jakarta maka di-PCR," kata dia.

Hasil pemeriksaan menunjukkan pasien terkonfirmasi positif virus corona. Perempuan muda tersebut sementara masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit, sementara bayinya dibawa pulang oleh keluarga.

Menurut Berty, rumah sakit telah menerapkan standar operasional prosedur penanganan Covid-19 dalam menangani persalinan pasien. Tim dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 juga sudah melakukan tracing kontak.

Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Yogyakarta, Irene mengatakan, bayi berisiko tertular virus corona dari ibunya. Namun belum ada penelitian yang menunjukkan ASI bisa menularkan virus corona dari ibu ke bayinya.

"Penularan mungkin terjadi ketika ibu menyusui yang terjangkit virus corona menyentuh bayinya dengan tangan yang belum dicuci, juga ketika ibu menyusui batuk atau bersin di dekat bayinya," kata Irene.


Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Ibu Melahirkan Kota Yogyakarta


Loading...