Ikut Aksi Protes Kematian George Floyd, Ini yang Dikatakan Bintang UFC Israel Adesanya

Ikut Aksi Protes Kematian George Floyd, Ini yang Dikatakan Bintang UFC Israel Adesanya
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 6 Juni 2020 08:21 WIB

Terasjabar.id - Israel Adesanya, bintang UFC keturunan Selandia Baru-Nigeria, memberikan pidato secara emosional di hadapan ribuan orang di Auckland.

Dia ikut aksi unjuk rasa di Selandia Baru untuk memprotes kematian George Flyod.

George Floyd adalah pria berkulit hitam yang meninggal setelah lehernya ditindih lutut polisi berkulit putih, Derek Chauvin, ketika ia tiarap, diborgol, dan tidak membawa senjata saat sedang diamankan.

Lelaki setinggi dua meter itu ditangkap dengan tuduhan memakai uang palsu untuk bertransaksi di toko kelontong pada 25 Mei untuk membeli rokok di Mineeapolis, Amerika Serikat.

Floyd pergi untuk selamanya setelah Chauvin menindih leher pria tersebut selama 8 menit dan 46 detik.

Kejadian tersebut direkam video dan sontak viral.

Israel Adesanya
Israel Adesanya (twitter.com/Africa_Fighters)

Derek Chauvin lalu divonis dengan aksi pembunuhan tingkat ketiga dan ia dikejar untuk pembunuhan tingkat pertama. Chauvin dan tiga polisi lain yang berada di lokasi telah dipecat dari Kepolisian Minneapolis.

Insiden pembunuhan ini lalu memantik demonstrasi besar-besaran di Amerika Serikat (AS) dengan mengangkat isu rasialisme. Lebih dari 30 kota di AS melakukan unjuk rasa yang memicu kerusuhan.

"Saya harus bicara. Saya sudah melakukannya (aksi protes) selama dua minggu terakhir pada cerita (Instagram) saya. Jika Anda menontonnya, Anda melihatnya. Saya sudah marah," kata Adesanya dilansir BolaSport.com dari Newscom.au.

"Saya akan mati. Berapa banyak dari Anda yang masuk ke toko dan harus meletakkan tangan Anda di belakang agar mereka tidak berpikir Anda mencuri?" ucap Adesanya. (*)

(Tribujabar.id)


George Floyd Bintang UFC Israel Adesanya


Loading...